10 Mitos Penggunaan Teknologi Masa Kini

8 min


10 Mitos Penggunaan Teknologi Masa Kini

Sebagai penggemar teknologi, saya adalah orang pertama yang dikunjungi teman dan keluarga berkaitan dengan pertanyaan dan masalah teknis mereka. Dan sering kali kebanyakan dari mereka memberi tahu saya fakta yang salah tentang teknologi yang benar-benar membuat saya merasa lucu dengan fakta-fakta yang mereka paparkan pada saya.

Teknologi harus disederhanakan, dan beberapa mitos yang ada dalam pola pikir mereka seharusnya tidak menghambat seseorang untuk sepenuhnya memanfaatkan perangkat yang dimilikinya.

Untuk membantu setiap orang memanfaatkan teknologi lebih baik, saya akan menjelaskan 10 mitos teknologi paling umum dan membuktikan bahwa mitos mereka adalah salah.

Refresh button mempercepat kinerja Windows

Mengklik tombol Refresh (F5) di Windows dapat membuat PC lebih segar dan halus. Oleh karena itu, PC menjadi lebih cepat (atau segar, dengan kata-kata sederhana).

Membongkar mitos

Tombol Refresh (F5) sepenuhnya memiliki fungsionalitas yang sangat berbeda dengan mitos tersebut.

Pada kenyataannya, tombol Refresh (F5) pada Windows berfungsi untuk memperbaiki kesalahan kecil (minors bugs) dan gangguan yang terjadi pada icon desktop atau Windows Explore. Mari bahas hal ini lebih rinci:

Apa fungsi rinci dari tombol Refresh (F5)?

Tombol Refresh hanya melukis (menata) ulang semua ikon di jendela desktop atau penjelajah Anda dan memperbaruinya dengan perubahan terbaru. Dalam penggunaan normal, fitur ini tidak berguna.

Namun, fiturnya tetap ada hingga di versi Windows saat ini, Windows 10. Microsoft tetap menerapkan tombol Refresh (F5) karena terkadang karena beberapa gangguan perubahan mungkin tidak update dalam tampilan Anda meski perubahannya sudah diterapkan.

Jadi, tombol Refresh (F5) hanya memperbarui ikon ke perubahan terbaru.

Refresh button mempercepat Windows

Misalnya, Anda mengganti nama folder tapi namanya tidak berubah, atau Anda mengubah ukuran gambar namun detail gambar tetap menunjukkan ukuran lama. Dalam kasus tersebut, tombol Refresh akan memperbaikinya.

Mengapa PC Anda nampak cepat saat Anda Refresh?

Mungkin Anda pernah berpendapat, “Saya melihat PC saya berjalan mulus setelah melakukan Refresh berkali-kali. Sekarang, mengapa bisa Refresh tidak memuluskan kinerja PC saya?”.

Setelah Anda melakukan refresh berkali-kali, Anda mungkin memperhatikan bahwa PC Anda yang tadinya lambat menjadi sedikit lebih baik kinerjanya.

Tapi faktanya, PC Anda menjadi lebih cepat karena kinerja yang turun akibat dari tombol Refresh itu sendiri, bukan karena tombol Refresh.

Ketika Anda melakukan klik pada Refresh berkali-kali, secara tidak sadar Anda membuat kinerja processor meningkat.

Refresh button mempercepat Windows

Pada screenshot di atas, saya telah menekan tombol Refresh (F5) beberapa kali. Dan Anda dapat melihat bahwa penggunaan CPU mencapai 76% (bahkan bisa mencapai 100%).

Sekarang, apakah Anda benar-benar menginginkan sumber daya CPU yang tinggi tapi tidak digunakan untuk apa-apa?

Jangan menggunakan ponsel saat mengisi daya

Menggunakan telepon Anda saat pengisian memiliki kemungkinan meledak di tangan Anda yang menyebabkan cedera serius atau bahkan kematian.

Jangan menggunakan ponsel saat mengisi daya

Membongkar mitos

Ponsel memiliki kecenderungan meledak yang sangat kecil dan hanya terjadi bila Anda menggunakan charger yang salah atau ada masalah dengan pabrikan ponsel, seperti masalah dengan Samsung Note 7.

Proses charging itu sendiri, khususnya charging saat menggunakan ponsel tidak memiliki hubungan dan kaitan dengan meledak apabila sumber charger dan telepon baik-baik saja.

Hal terburuk yang bisa terjadi saat pengisian adalah pemanasan telepon Anda lebih dari biasanya, dan dalam jangka panjang, komponen telepon mungkin akan aus lebih cepat.

Jika telepon Anda memanas, Anda harus khawatir tentang pengisian daya yang salah atau baterai usang. Jangan pernah menggunakan telepon yang menyala sampai-sampai membuat Anda tidak nyaman menahannya di tangan Anda. Panas merupakan penyebab utama ponsel meledak.

Gunakan pengisi daya resmi produsen ponsel

Anda hanya boleh menggunakan charger telepon produsen atau charger pihak ketiga yang diizinkan oleh produsen telepon. Jika tidak, baterai Anda mungkin rusak atau telepon bisa meledak.

Membongkar mitos

Menggunakan pengisi daya produsen ponsel adalah cara terbaik untuk memastikan Anda tidak menggunakan pengisi daya yang buruk yang dapat merusak telepon Anda. Namun, ini tidak berarti Anda tidak dapat menggunakan pengisi daya lain yang mendukung ponsel Anda.

Intinya, Anda tidak menggunakan charger palsu (murah) yang mungkin memiliki sirkuit dan kabel berkualitas rendah. Karena aliran arus yang tidak tepat, pengisi daya palsu (murah) dapat mengurangi umur baterai atau bahkan dapat menyebabkan ledakan.

Gunakan charger orisinal bawaan pabrikan

Anda bisa menggunakan pengisi daya apapun selama kualitas sumber pengisi daya tersebut memiliki kualitas yang baik.

Contoh, Anda dapat mengisi daya ponsel Samsung menggunakan pengisi daya dari BlackBerry yang original.

Menutup aplikasi dapat menghemat baterai

Saat Anda menutup aplikasi, beberapa prosesnya tetap berjalan. Anda harus menggunakan aplikasi penutup tugas (proses) untuk benar-benar menutup aplikasi dan menghemat sumber daya baterai.

Membongkar mitos

Ketika Anda menutup sebuah aplikasi, ada kemungkinan akan ada beberapa proses latar belakang yang sedang berjalan. Misalnya, Facebook dan WhatsApp memiliki proses latar belakang yang terus berjalan agar Anda tetap update dengan pesan dan notifikasi terbaru.

Namun, jika Anda memaksa menutup proses pada suatu aplikasi, maka aplikasi yang dipaksa untuk tertutup tersebut akan segera memulai kembali.

Pada akhirnya, tidak ada gunanya menutup paksa suatu aplikasi karena aplikasi yang dipaksa tertutup tersebut akan mulai kembali lagi. Alih-alih menghemat sumber daya baterai, yang Anda lakukan tersebut hanya memaksa ponsel Anda untuk bekerja lebih keras ketika memulai kembali proses pada aplikasi.

Jika Anda ingin menyingkirkan proses latar belakang pada aplikasi, sebaiknya gunakan mode penghemat baterai bawaan di telepon. Mode penghemat baterai menonaktifkan semua jenis sinkronisasi aplikasi dan menutup sebagian besar proses latar belakang sekaligus mencegahnya untuk memulai kembali.

Sinyal seluler penuh berarti layanan jaringan terbaik

Jika Anda melihat sinyal penuh pada ponsel Anda, berarti Anda mendapatkan layanan jaringan terbaik dan kecepatan transfer data yang optimal.

Membongkar mitos

Sering sekali kita melihat sinyal penuh pada telepon, namun kita masih mendapatkan kecepatan internet yang lambat dan melihat adanya interupsi dalam panggilan.

Sinyal penuh tidak berarti Anda mendapatkan layanan jaringan terbaik.

Sinyal pada telepon Anda menunjukkan kekuatan sinyal yang Anda terima dari menara selular terdekat. Ini tidak mewakili kekuatan jaringan dan kecepatan transfer data. Jika terlalu banyak orang terhubung ke menara seluler, mungkin Anda akan menghadapi masalah jaringan meskipun kekuatan sinyal seluler Anda penuh.

Lebih Banyak RAM Berarti Lebih Cepat

Semakin tinggi RAM, semakin cepat PC Anda akan berjalan.

Membongkar mitos

Saya telah meneliti selama lebih dari 5 tahun untuk mengetahui fakta dibalik angka sebuah RAM yang rumornya dapat mempercepat PC.

Setelah mengetahui fakta yang dibuktikan bersama rekan yang ahli dalam bidang perangkat keras komputer, kami mendapatkan hasil bahwa RAM tidak berpengaruh terhadap kecepatan komputer.

Studi kasus lain mengatakan bahwa proses rendering grafis atau launching suatu program menjadi lambat karena angka RAM yang rendah.

Kami melakukan pengetesan langsung terhadap PC dengan prosesor Intel i7 tanpa kartu grafis (graphic card), dimana pada PC tersebut tertanam RAM sebesar 16 GB DDR3.

Pada PC pembanding, kami memasang prosesor Intel i5 yang tertanam kartu grafis (graphic card) dari NVidia GeForce GTX 1050, dimana pada PC tersebut tertanam RAM sebesar 4 GB DDR3.

Dan hasilnya, kualitas grafis lebih baik pada PC dengan Intel i5 yang hanya terpasang RAM sebesar 4 GB DDR3. Hasil grafis yang diberikan oleh PC ini bisa lebih tajam berkat kartu grafis (graphic card), bukan karena RAM yang tinggi.

Oleh karena itu, apabila Anda memiliki kendala terkait kecepatan PC Anda, ada baiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahli komputer agar Anda tidak asal bertindak dalam mengupgrade komponen perangkat keras yang ada di PC Anda.

Wajib Melepas USB Dengan Aman

Ini wajib untuk klik tombol “Safely remove hardware” di taskbar dan kemudian secara fisik melepas USB (Flash Disk). Jika tidak, data Anda akan rusak atau perubahan tidak akan disimpan.

Membongkar mitos

Selama Anda tidak membaca (reading) atau menulis (writing) data ke USB (Flash Disk), tidak ada masalah untuk mencabut USB dari PC Anda.

Saat Anda mengeklik tombol “Safely remove hardware”, Windows hanya memastikan tidak ada data aktif yang ditransfer dan sedang dalam proses perubahan.

Konfirmasi ini tidak perlu karena 0,5 detik adalah delay maksimal yang bisa terjadi sebelum ada perubahan pada USB yang benar diterapkan.

Jadi jika Anda menunggu hanya 0,5 detik setelah melakukan perubahan, Anda bisa leluasa melepaskan USB drive tanpa merusak data Anda.

Bahkan penundaan 0,5 detik ini hanya terjadi bila Anda telah mengonfigurasi USB untuk kinerja terbaik di Windows. Secara default, Windows mengizinkan Anda untuk segera mencabut USB saat data selesai ditransfer atau perubahannya telah selesai dilakukan.

Program Antivirus Melindungi Dari Semua Virus

Program antivirus bisa menangani semua jenis virus dan akan melindungi Anda bahkan dari ancaman virus terbaru. Cukup instal saja program antivirus dan anda aman.

Membongkar mitos

Program antivirus memang membantu melindungi dari virus dan malware. Namun, program antivirus tidak bisa membuat PC Anda anti dari virus.

Anda tidak bisa hanya menginstal program antivirus yang bagus lalu Anda mulai mendownload file yang tidak diketahui karena mengira antivirus akan menyelamatkan Anda dari jenis virus apa pun.

Ada dua ancaman utama bahwa antivirus tidak sepenuhnya bekerja membasmi virus. Pertama, virus online yang benar-benar baru, dan yang kedua adalah virus yang Anda berikan kontrol penuh pada PC. Anda harus berhati-hati dalam kasus ini.

Ancaman Virus Terbaru

Biasanya, antivirus memiliki kecerdasan perangkat lunak untuk melakukan identifikasi atas aktifitas berbahaya yang dilakukan oleh program pada komputer.

Dari mana antivirus memiliki kecerdasaran indentifikasi?

Antivirus memiliki kecerdasaran identifikasi dari sebuah data.

Dalam data yang di identifikasi oleh antivirus, secara programmatic antivirus akan melakukan pengecekan untuk memastikan pada komputer Anda tidak terdapat file yang sesuai dengan data yang identifikasi oleh antivirus.

Ilustrasi sederhananya seperti dibawah ini.

Seorang guru melakukan absen seluruh murid yang ada di kelas matematika. Setelah seorang guru selesai melakukan absen, tiba-tiba guru tersebut melihat ada dua anak yang tidak di kenal dalam ruang kelasnya. Karena sadar ada dua anak yang tidak di kenal, maka guru tersebut mengantar dua anak yang tidak di kenal ke kantor sekolah untuk di identifikasi.

Dari ilustrasi di atas, seorang guru merupakan antivirus yang melakukan identifikasi seluruh murid yang ada di kelasnya. Proses ketika guru memanggil muridnya satu per satu, apabila di terapkan pada antivirus, itu adalah proses scanning files.

Lalu, apa peran Anda dalam ilustrasi di atas?

Peran Anda adalah kepala sekolah. Apabila guru yang menyerahkan dua murid tidak di kenal tersebut kepada Anda sebagai kepala sekolah, maka Anda lah yang lebih mengetahui kemana dua murid tidak di kenal tersebut di pindahkan.

Empty Recycle Bin Secara Permanen Menghapus File

Untuk menghapus item secara permanen, cukup hapus dari drive dan kemudian hapus dari Recycle Bin.

Membongkar mitos

Banyak orang percaya bahwa begitu mereka mengosongkan Recycle Bin, semua data mereka akan dihapus selamanya. Ini salah…

Ketika Anda menghapus data dari Recycle Bin, Windows (atau OS lainnya) hanya menandainya sebagai dihapus dan untuk membebaskan ruang hardisk.

Sebenarnya, datanya masih ada dan menunggu ditimpa oleh lebih banyak data. Proses menghapus data secara permanen dan mengisi segmen yang terhapus oleh data lain adalah sistematis perangkat keras yang cukup rumit.

Jadi, sistematis yang rumit tersebut secara praktik akan memakan waktu yang sangat lama bagi sebuah sistem operasi apa pun untuk benar-benar menghapusnya secara permanen. (Anda bisa membaca sistematis prosesnya di sini – Bahasa Inggris)

Data atau file yang telah terhapus dan hilang dari recycle bin dapat Anda pulihkan dengan perangkat lunak seperti Recuva.

Namun, perlu Anda ketahui. Tidak semua data atau file yang benar-benar terhapus dapat dipulihkan.

Mode Penjelajahan Pribadi Menyamarkan Data Pribadi

Jika Anda tidak ingin dilacak atau meninggalkan jejak penjelajahan Anda di manapun, cukup gunakan jendela peramban pribadi / penyamaran.

Membongkar mitos

Apakah Anda berpikir bahwa dengan melakukan mode penjelajahan pribadi saya tidak tahu bahwa Anda sedang membaca artikel ini?

Apakah Anda berpikir bahwa dengan melakukan mode penjelajahan pribadi saya tidak tahu device dan lokasi yang Anda gunakan saat membaca artikel ini?

Jika Anda berpikiran bahwa mode penjelajahan pribadi sama sekali tidak melacak Anda, maka hal tersebut salah.

Cara kerja dari mode penjelajahan pribadi sebenarnya sangat sederhana.

Ketika Anda mengakses Facebook dalam mode penjelajahan pribadi, lalu login ke akun Facebook milik Anda, lalu setelahnya Anda menutup program peramban Anda tanpa proses keluar (logout) dari akun Facebook. Lalu, setelah menutup program peramban, Anda buka kembali program peramban tersebut.

Apakah Anda perlu memasukan kembali email dan password Anda di website Facebook?

Praktikan aktifitas login ke Facebook tersebut dalam mode normal, atau bukan mode penjelajahan pribadi.

Saya harap dari praktik tersebut Anda bisa mengetahui apa perbedaannya.


10 hal mitos teknologi yang di bahas dalam artikel ini bisa saja berbeda dalam praktiknya. Saya selaku penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan dan kerugian yang di akibatkan oleh tulisan yang ada dalam artikel ini.

5/51 rating

What's Your Reaction?

Sebel Sebel
0
Sebel
Pusing Pusing
0
Pusing
Sedih Sedih
0
Sedih
Kocak Kocak
0
Kocak
Terkesan! Terkesan!
1
Terkesan!
Kecewa Kecewa
0
Kecewa
Zapra Gartiast

Perkenalkan, nama saya adalah Zapra Gartiast dan saya salah satu penulis di website Yuniza. Telah berpengalaman dalam internet dan pengembangan website sejak tahun 2009. Bukan ahli teknologi, namun tertarik dengan berbagai hal menarik dalam teknologi.

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals