Kelayakan Bisnis Dropshipping Dengan Shopify dan Aliexpress


Dropshipping dengan aliexpress dan shopify

Bisnis online dengan metode dropshipping. Mungkin ini bukan bisnis baru di zaman serba teknologi seperti sekarang, terlebih lagi apabila melihat para pelaku dropshipping yang cukup meyakinkan dengan penghasilan mereka yang menyebutkan $50 – $100 per hari… Katanya sih begitu… 🤔

Saya pribadi agak sedikit bertanya-tanya, dan sedikit penasaran. Apakah $50 – $100 tersebut penghasilan (keuntungan) bersih? Rasa penasaran lainnya, kenapa harus menggunakan Shopify? Apakah platform toko online untuk dropshipping hanya Shopify?

Dan yang paling bikin penasaran adalah hal berikut… (perhatikan gambar di bawah ini)

screenshoots-dropshipping-youtube

Para youtubers dalam gambar tersebut seperti yang menjual kesuksesan atas keberhasilannya berbisnis dropshipping menggunakan Shopify.

Bagi seorang pebisnis expert, mungkin sudah terbayang proses bisnis di dalamnya. Tapi, jika yang melihat video-video tersebut adalah seorang pebisnis pemula, bagaimana…?

Berdasarkan dorongan dari diri pribadi, dan secara praktik telah mencobanya dengan beberapa teman yang sama-sama berbisnis di internet. Akhirnya saya mencoba menjajal dropshipping menggunakan Shopify.

Dan, dari hasil percobaan tersebut, beginilah kesimpulannya…

Shopify: platform toko online yang mahal…

Bagi seorang pebisnis kelas menengah ke bawah seperti saya, Shopify adalah sebuah platform toko online yang mahal. Untuk menggunakan Shopify, saya harus mengeluarkan uang sebesar $29 per bulan (belum termasuk domain) demi membayar fitur toko online yang bisa saya dapatkan dengan harga kurang dari $150 per tahun.

Coba Anda lihat informasi harga berlangganan Shopify di bawah ini…

harga-layanan-shopify

Untuk mendapatkan POS (Point of Sale) saja harus membayar tambahan dana sebesar $49. Ditambah adanya transaction fees sebesar 2% per transaksi untuk pembayaran internasional (di luar U.S). Transaction fees tersebut belum termasuk dari payment processor pihak ketiga, seperti Stripe, Authorize.net, atau PayPal.

Fitur Shopify

Dalam hal ini saya ingin menerangkan fitur untuk kalangan pebisnis menengah ke bawah.

Dari segi fiturnya, saya merasa cukup di manjakan oleh Shopify. Seperti kemudahan untuk mengunggah produk pun cukup sederhana apabila di banding dengan platform toko online lain, seperti WooCommerce, Magento, atau OpenCart.

Shopify juga menyediakan aplikasi dalam iOS dan Android untuk kemudahan akses administrasi pada toko online Anda.

Apabila berbicara urusan fitur, saya pribadi tidak menyangkal, mungkin Shopify adalah satu-satunya platform toko online yang kaya akan fitur.

Yang menjadi masalah; kesuksesan toko online bagi pebisnis pemula adalah taruhan besar. Resiko investasi yang dikeluarkan sebesar $29 per bulan hanya untuk memiliki website toko online bagi saya pribadi cukup beresiko.

Sekalipun pihak Shopify secara terbuka memberikan kesempatan masa percobaan gratis selama 14 hari sebagai tahap pencocokan dan adaptasi platform. Hal tersebut tetap menjadi masalah ketika setelah masa percobaan Anda harus mengeluarkan biaya sebesar $29.

Alternatif selain Shopify

Oleh karena itu, terdapat alternatif bagi Anda yang ingin mencoba dropshipping tanpa menggunakan Shopify.

Salah satu platform toko online yang pernah saya gunakan adalah WooCommerce yang berbasis WordPress CMS.

Bagi saya WooCommerce adalah platform yang cukup baik bagi para pemain dropshipping yang berjualan melalui toko online.

Walaupun tidak secepat Shopify dalam setup dan konfigurasi, tapi dalam hal operasional WooCommerce dapat berjalan dengan kinerja yang sangat baik.

Dalam hal fitur, WooCommerce memang banyak kalah di banding Shopify. Tapi, bukan berarti WooCommerce tidak bisa seperti Shopify.

Meningat WooCommerce adalah platform toko online sumber terbuka yang gratis untuk digunakan oleh siapapun, maka tak menutup kemungkinan WooCommerce juga bisa menjadi seperti Shopify di masa yang akan datang.

Dalam tren, WooCommerce masih memimpin pangsa pasar eCommerce dengan total pengguna lebih dari 40% di seluruh dunia.

WooCommerce_VS_Shopify_Usege

Apabila Anda ingin menggunakan WooCommerce sebagai testing, Anda dapat mencari informasinya di woocommerce.com.

Dropshipping dari AliExpress

Apa yang membuat Anda berpikir bahwa dropshipping akan sukses apabila target pasarnya global? Bagaimana dengan target pasar lokal (Indonesia)?

Mungkin, beberapa dari Anda ada yang berpikiran bahwa target pasar lokal sudah banyak saingan, sehingga Anda mencoba target pasar global yang mungkin dalam anggapan Anda memiliki keuntungan yang lebih besar.

Bagi siapapun, hal itu bukan masalah. Selama Anda menganggap ide tersebut dapat di jangkau oleh kemampuan Anda, realisasikanlah secepatnya.

Advertisements

Namun, bagaimana apabila Anda memiliki satu hambatan yang bisa menghentikan ide tersebut?

AliExpress.com sebagai pasar online dari negeri China ini memang menampung banyak sekali barang yang unik dan murah. Bahkan, apabila di presentasikan dan di jual di negara-negara bagian Eropa dan Amerika, harganya dapat di tingkatkan hingga 5 kali lipat.

Kenaikan harga hingga 5 kali lipat untuk meraup keuntungan yang besar, tentunya adalah hal yang di idam-idamkan oleh pedagang.

Tetapi, bagaimana jika barang yang di dropship dari AliExpress perlu Anda bayar dengan kartu kredit?

Bagi kalangan elit, jawabnya enteng…

“ya udah sih tinggal bikin kartu kredit…”

Tapi, jika Anda adalah pebisnis yang hanya mengandalkan rekening bank lokal seperti saya, lantas harus bagaimana? Apa harus maksa-maksa pihak bank agar dibuatkan kartu kredit? 🙂

Oleh karena itu sebelum melakukan bisnis dropshipping menggunakan AliExpress, renungi kembali masalah metode pembayaran yang wajib menggunakan kartu kredit.

Untuk mengetahui lebih lanjut metode pembayaran dari AliExpress, Anda dapat melihatnya di http://activities.aliexpress.com/adcms/help-aliexpress-com/payment_method.php

Mentor dropshipping dengan sejuta harapan

Ini yang selalu bikin saya sedikit tertawa. Kenapa?

Mentor-mentor dropshipping, khususnya yang ada di YouTube seringkali menawarkan ramuan kesuksesan yang sangat menjanjikan bahwa Anda pasti sukses dalam bisnis dropshipping apabila mengikuti dan menerapkan metode yang mereka tawarkan.

Saya melihat mereka seperti dokter bisnis yang benar-benar paham obat mujarab untuk menyembuhkan penyakit susah sukses dalam bisnis.

Dan harga obat atau terapi yang mereka tawarkan cukup mahal. Bahkan, harganya bisa sampai belasan juta rupiah.

Hal tersebut memang tidak buruk, sama sekali tidak buruk. Saya sama sekali tidak suudzon terhadap panduan dropshipping yang mereka tawarkan.

Namun, saya juga punya rasa penasaran dan logika terhadap penawaran tersebut.

Sebut saja begini. Mereka orang sukses, mereka telah menghasilkan banyak uang dari dropshipping. Lalu, mereka menjual tips dan trik keberhasilan tersebut dalam bentuk mentoring / kursus? Hmm…

Mari berilustrasi secara logis

Apa Anda pernah melihat Mark Zuckerberg menjual tips dan trik kesuksesannya karena berhasil mendirikan Facebook?

Apa Anda pernah mendapatkan tawaran dari Bill Gates agar Anda bisa sukses membangun perusahaan software seperti Microsoft?

Tentu tidak. Saya yakin orang-orang sukses yang telah mencetak ratusan ribu hingga jutaan dolar tidak pernah menjual kesuksesan mereka dalam mentoring / kursus khusus.

Jangankan orang-orang sukses, orang-orang biasa yang per bulan hanya mencetak ribuan hingga puluhan ribu dolar saja jarang sekali menjual tips dan trik kesuksesannya.

Pelajari pengalaman kesuksesan, bukan membeli pengalaman kesuksesan

Jadi, bukan saya ingin menghina atau mengejek mentoring / kursus mereka. Sungguh, tidak sama sekali. Dalam hal ini saya hanya ingin masyarakat berpikir terbuka dan logis bahwa bisnis adalah sebuah perjalanan yang dinamis.

Karena pada intinya, bisnis apapun yang Anda lakukan saat ini, Anda hanya perlu tiga hal paling utama berikut.

  1. Anda memiliki produk untuk dijual
  2. Anda memiliki media untuk mempresentasikan produk
  3. Anda memiliki strategi pemasaran (marketing) untuk menjual produk

Urusan copy writting, sales writting, sales page, landing page, periklanan, SEO, dan lain-lain sebagainya, hal tersebut adalah strategi pemasaran untuk meningkatkan relasi dan kesepakatan.

Jika Anda bingung untuk memulai bisnis apapun, coba untuk bertanya. Di Indonesia terdapat beberapa forum bisnis seperti KasKus dan ads.id yang anggota di dalamnya dapat membantu Anda memulai bisnis di internet.

Ingat, jangan malu untuk bertanya, dan jangan lupa mengucapkan terima kasih setiap kali Anda mendapatkan pengetahuan baru.


Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin memulai bisnis. Salam sukses… 🙂

0/50 ratings

What's Your Reaction?

Sebel Sebel
0
Sebel
Pusing Pusing
0
Pusing
Sedih Sedih
0
Sedih
Kocak Kocak
0
Kocak
Terkesan! Terkesan!
0
Terkesan!
Kecewa Kecewa
0
Kecewa
Zapra Gartiast

Perkenalkan, nama saya adalah Zapra Gartiast dan saya salah satu penulis di website Yuniza. Telah berpengalaman dalam internet dan pengembangan website sejak tahun 2009. Bukan ahli teknologi, namun tertarik dengan berbagai hal menarik dalam teknologi.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lain Dari Bisnis Digital

BACA JUGA

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals