Apakah Bisnis Dropshipping Internasional Perlu Kursus?

4 min


Apa Bisnis Dropshipping Internasional Perlu Kursus?

Sebenarnya saya sempat aneh dengan mentoring atau kursus dropshipping, khususnya kursus dropshipping internasional menggunakan Shopify!

Sejujurnya, saya gak percaya dengan kursus mereka, saya gak percaya dengan teori mereka, saya tidak percaya dengan materi mereka, dan saya tidak percaya dengan screenshots mereka.

Kalau kamu bertanya kenapa saya gak percaya, jawabannya sederhana.

Karena bisnis ratusan juta hingga miliaran rupiah itu tidak terjadi dalam waktu satu malam!

Terkecuali kalau kamu adalah anak konglomerat yang dapat warisan perusahaan, itu jelas lain lagi ceritanya.

Tapi, jika kamu adalah manusia biasa seperti saya yang menjalani bisnis benar-benar dari nol, apakah logis jika ada bisnis ratusan juta yang terjadi dalam waktu satu malam?

Tentu logis, kamu bisa buka praktik pesugihan uang gaib. Saya yakin itu duit super cepat. 😄😄😄

Tapi, di zaman milenial seperti sekarang pesugihan uang gaib praktiknya bukan di rumah, melainkan di media.

Judul kampanyenya keren-keren, bahasa pemasarannya lebih manis dari kata-kata gombal, dan ada bukti screenshots yang super sangat meyakinkan.

Logikanya begini…

Kalau para mentor atau pemberi kursus itu memang sudah sukses dropshipping dengan penghasilan hingga miliaran, terus ngapain masih ngajakin orang?

Seandainya saya ada di posisi mereka, lebih baik saya menikmati keuntungan dengan jalan-jalan ke luar negeri, beli mobil mewah, atau belanja barang-barang limited edition.

Dan kamu juga pasti akan berpikiran sama.

Apalagi yang akan kamu lakukan kalau sudah punya keuntungan miliaran setiap bulan? Apa kamu akan berbagi tips dan trik kesuksesan melalui kursus atau mentoring?

Pasti enggak, saya yakin enggak akan.

Karena bikin kursus dan mentoring itu ribet

Kamu harus menyiapkan materi kursus… kamu harus membuat presentasi kursus… dan yang paling ribet, kamu harus menjawab pertanyaan murid-murid kamu yang tangan dan bibirnya sebanding lurus dengan wataknya yang bawel dan rewel…

Terus kenapa orang-orang yang sukses dropshipping begitu baik hati? Kenapa orang-orang itu sampai habis-habisan mengundang kamu untuk mengikuti kursus dan mentoring yang mereka tawarkan?

MARI BONGKAR JAWABANNYA…

Sebuah Motivasi Klasik, Duit…

Ujung-ujungnya pasti duit. Apalagi kalau bukan duit?

Di YouTube banyak banget yang menawarkan kursus dan mentoring dropshipping internasional. Presentasinya begitu meyakinkan hingga menggugah khayalan para manusia biasa yang ingin menjadi elite global.

Tapi, begitu menuju halaman kursus, ternyata bayar… dan mahal

Harga dari kursus dan mentoring dropshipping memang variatif, tapi yang paling mahal bisa sampai Rp 8.500.000.

Dan itu tidak termasuk biaya langganan toko online Shopify yang harganya $29 per bulan dan anggaran iklan di Facebook.

Kalau pun ada harga kursus dan mentoring paling murah, tetap saja biaya langganan Shopify dan iklan Facebook menjadi beban kamu.

Saran saya, dari pada uang kamu habis digunakan untuk beli kursus atau mentoring dropshipping, lebih baik gunakan uang tersebut untuk eksplorasi digital marketing. Itu pun jika kamu memang tertarik dengan digital marketing.

Coba beriklan di Facebook dengan pola pikir kamu sendiri, tutorial gratisnya banyak. Bahkan pihak Facebook sendiri mendukung kesuksesan para pengiklan dengan menyediakan tutorial untuk mulai beriklan.

Jangan malas mencari. Saya hanya membutuhkan waktu 45 detik untuk mendapatkan tips beriklan dengan efektik melalui Facebook.

Silahkan buka linknya di https://www.facebook.com/business/learn/facebook-tips-recommendations.

Begitu juga dengan membuat toko online. Kamu gak perlu kursus, apalagi jika hanya untuk membuat toko online di Shopify.

Bikin toko online di Shopify itu gampangnya super, gak beda jauh dengan bikin toko online di Tokopedia, BukaLapak, atau Shopee.

Jadi, kalau kamu masih tertarik untuk mengikuti kursus atau mentoring dropshipping internasional hanya karena ingin tahu cara menggunakan toko online di Shopify, maaf jika saya harus mengatakan bahwa kamu super idiot.

Target Pengguna Kartu Kredit

Mentor yang membuka kursus dropshipping internasional ini sangat cerdik.

Mentor-mentor ini sangat paham bahwa dropshipping internasional sangat ideal jika dilakukan menggunakan Shopify.

Dan untuk menggunakan layanan Shopify, kamu harus menggunakan kartu kredit.

Di Indonesia, persetujuan untuk menggunakan kartu kredit mungkin tidak segampang Amerika atau negara-negara bagian Eropa.

Beberapa bank di Indonesia sangat waspada untuk memberikan kartu kredit.

Itu sebabnya pemilik kartu kredit di Indonesia adalah kalangan yang kondisi ekonominya lebih dari cukup, atau bisa dibilang gaji (penghasilan) per bulan lebih dari Rp 4.500.000.

Dan itu yang menjadi potensi para mentor-mentor ini untuk menjual kursus dengan kampanye Shopify.

Mereka tahu persis duit Rp 500.000 hingga Rp 8.500.000 itu duit yang enteng bagi kalangan pemilik kartu kredit.

Oleh karena itu, dari pada uang kamu terbuang percuma hanya untuk mendapatkan pengetahuan bisnis, lebih baik belanjakan untuk membeli sesuatu yang bermanfaat untuk bisnis kamu.

Pengetahuan bisnis lambat laun akan berkembang. Ketika pengetahuan bisnis kamu berkembang, maka strategi kamu dalam menjalani bisnis pasti lebih matang, khususnya dalam mencari dan mengambil peluang kesuksesan.

Menjual Khayalan Kesuksesan

Sebagian besar orang pasti mendambakan penghasilan besar, atau bahasa kiasannya adalah tinggal duduk terima uang.

Jangan aneh kalau para mentor dropshipping pada awalnya menawarkan sebuah kesuksesan dengan kata-kata yang manis dan khayalan yang lebih tinggi dari lagu band Peterpan.

Karena itu adalah senjata mereka.

Siapa orang yang tidak ingin sukses dan memiliki uang banyak dalam waktu singkat? Siapapun pasti menginginkannya.

Tapi praktik dan usahanya belum tentu hanya dengan mengikuti kursus dropshipping, melakukan apa yang mereka ajarkan, lalu sim salabim dapat uang banyak.

Jika metode menjadi kaya raya bisa diterapkan dengan mengikuti kursus atau mentoring dari mereka, di dunia ini gak akan ada investor.

Cerita sedikit. Saya pernah bertemu dengan investor dari Singapura dan dia adalah salah satu direktur dari Smartflex Holdings.

Saya menanyakan pada dia tentang bisnis dropshipping, dan dia menjawab, “Let’s make everything being logical. If there’s a method to success as third person in business, then why am I being interested your business proposal? Why you’re not invite me to invest in dropshipping business?”

Setelah mendapatkan jawaban tersebut saya mencoba menjelajahi dan melakukan riset tentang bisnis dropshipping internasional, dan hasilnya… bisnis dropshipping bukan sebuah bisnis yang baik untuk dilakukan dalam 5 tahun ke depan.

Satu-satunya exit strategy dalam bisnis dropshipping adalah penjualan aset.

Contoh, jika kamu mengoperasikan bisnis dropshipping di Instagram, berarti kamu harus jual akun Instagram yang kamu gunakan untuk dropshipping.

Kalau bisnis dropshipping di website, itu berarti kamu harus jual website untuk operasional dropshipping tersebut.

Dropshipping Bisa Dilakukan Siapapun

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, setiap orang pasti ingin mendapatkan uang banyak dalam waktu singkat.

Jika kamu adalah salah satu dari orang yang ingin mendapatkan uang banyak dalam waktu singkat, maka berhenti berpikiran seperti itu sekarang juga! BAHAYA!

Kenapa bahaya?

Karena orang-orang dengan pola pikir seperti ini biasanya gak ingin menjalani ribetnya sebuah bisnis dan gak ingin terbebani oleh sebuah bisnis.

Mereka pasti terus mencari bisnis alternatif yang enteng dan bisa mendatangkan keuntungan dalam waktu singkat.

Oleh karena itu ketika orang-orang ini menyaksikan mentor dropshipping memiliki penghasilan besar, orang-orang ini langsung berpikiran, “wah keren gimana caranya?”, atau “tolong ajarkan saya juga ada kelasnya gak?”

Cape deh…

Bisnis dropshipping itu, baik lokal atau internasional gak ada rahasianya. Satu-satunya kemampuan yang membuat dropshipper untung besar bukan karena menggunakan Shopify atau dropship dari AliExpress dan kerucut-kerucut lainnya.

Satu-satunya yang membuat mereka sukses adalah market researchmarketing, dan after sales communication management. Dah segitu doang.

Sampai sini dulu deh nulisnya. Kalau ada pertanyaan atau ejekan untuk artikel ini langsung lempar di kolom komentar.

Salam sukses dropshipping internasional. Salam penjualan 10 juta dolar dari dropshipping. 💩💩💩💩💩🖕🖕🖕🖕🖕

4.7/5 10 ratings

What's Your Reaction?

Sebel Sebel
1
Sebel
Pusing Pusing
1
Pusing
Sedih Sedih
0
Sedih
Kocak Kocak
3
Kocak
Terkesan! Terkesan!
7
Terkesan!
Kecewa Kecewa
1
Kecewa
Zapra Gartiast

Hay! Saya Zapra Gartiast, calon Wali Kota Bandung tahun 2025 - 2035. Mohon do'a dari kalian yang membaca 😀

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Punya tanggapan? Tinggalkan komentarx
()
x
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals