Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Internet?

6 min


Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Mendapatkan uang dari internet??? Saya kira ini bukan persoalan yang sulit untuk di jawab. Tutorialnya banyak, panduannya banyak, dan yang ingin juga banyak ūüėÄ

Saking banyaknya panduan dan tutorial tentang mendapatkan uang dari internet, saya melihat banyak sekali panduan dan tutorial umum yang topiknya itu-itu lagi. Yang dibahas tak lain adalah website penyedia layanan, atau jenis pekerjaan yang dapat dilakukan.

Tapi, di artikel ini saya akan membagikan panduan yang berbeda tentang mendapatkan uang dari internet.

Topik yang akan di bahas bukan tentang¬†“cara menjadi youtubers” atau “cara mendapatkan uang dari dropshipping”. Saya akan bahas tentang proses dan studi kasus yang pernah saya alami selama mencari harta karun di internet.

Pola Pikir Realistis

Jangan beranggapan mendapatkan uang dari internet adalah hal yang susah! Sejujurnya, mendapatkan uang dari internet adalah hal yang mudah.

TAPI…

Mendapatkan uang belasan juta hingga puluhan juta dari internet adalah hal yang susah!

Mungkin Anda pernah tergoda dengan penghasilan youtubers yang rumornya mendapatkan uang hingga ratusan juta dari YouTube.

Contohnya seperti Reza Oktvian, atau LASTDAY Production yang menyatakan bahwa penghasilan per bulan dari YouTube hingga puluhan juta.

Apakah BENAR murni dari YouTube? (Murni dari YouTube dalam hal ini adalah tanpa sponsor dari pihak lain, dan benar – benar penghasilan dari native iklan AdSense YouTube)

Perlu Anda ketahui bahwa dalam iklan AdSense, baik itu dalam tampilan YouTube atau digital banner terdapat perhitungan dinamis yang nilainya selalu berubah setiap detik.

Perhitungan tersebut ditentukan oleh CPM (Cost Per Mile), CPC (Cost Per Click), dan CPC (Cost Per View).

Lalu, siapa yang menentukan CPM, CPC, dan CPV?

Yang menentukan adalah pengiklan (advertiser).

Agar lebih mengerti, lihat gambar di bawah ini.

cara mendapatkan uang dari internet

Gambar tersebut di ambil dari halaman Google Keyword Planner.

Dari gambar tersebut, terlihat 3 kotak merah dalam kolom Tawaran yang disarankan. Harga dari kolom tersebut variatif, mulai dari Rp1.708 hingga Rp2.013.

Selain dari kolom Tawaran yang disarankan, lihat juga kolom Kata kunci (menurut relevansi). Pada kolom tersebut terdapat daftar kata kunci, salah satunya adalah cara alami memutihkan wajah.

Dari sini, mari kita coba membuat sebuah ilustrasi.

Ingat, ilustrasi…

Saya memiliki 1 video di YouTube yang membahas tentang cara memutihkan wajah. Video tersebut mendapatkan 1.000.000 views selama 4 bulan.

Penghasilan saya dari video tersebut dapat di hitung dengan metode CPM (Cost Per Mile), sebagai berikut:

Variabel A = harga iklan (harga CPM) untuk kata kunci cara alami memutihkan wajah. Dalam ilustrasi ini ditetapkan nilainya Rp1.195 (seribu seratus sembilan puluh lima rupiah). Mengapa nilainya tidak Rp1.708? Karena Google (YouTube) menetapkan ketentuan bahwa 30% Р45% (ambil contoh 45%) dari total yang dibayarkan pengiklan masuk ke kas Google sebagai penyedia layanan.

Variabel B = total views yang di dapatkan pada video YouTube. Dalam ilustrasi ini ditetapkan nilainya 1.000.000.

Variabel C = lama waktu yang diperlukan untuk mendapatkan 1.000.000 views. Dalam ilustrasi ini ditetapkan nilainya 4 bulan.

Maka, hasilnya adalah Variabel A * Variabel B / 1000 = 1.195.000.

Hasil 1.195.000 tersebut dibagi 4 bulan. 1.195.000 / Variabel C.

Berarti…

Penghasilan saya per bulan dari satu video adalah Rp. 298.750.

Ingat, perhitungan di atas hanya sebuah ilustrasi. Hasil sebenarnya mungkin saja bisa lebih besar, atau bisa juga lebih kecil.

Lalu, berdasarkan ilustrasi di atas, apakah mungkin memiliki penghasilan puluhan juta rupiah per bulan dari YouTube?

Sangat mungkin… Asalkan Anda berpikir realistis…

Realistis dalam hal apa? Dalam menghadapi prosesnya… ūüôā

Jika Anda memperhatikan akun YouTube milik Reza Oktiavian, pada bagian About terlihat bahwa Reza Oktivian telah mendapatkan 300.000.000++ total views dari seluruh video yang telah terunggah di akun YouTube miliknya.

Lalu, bandingkan dengan video Blank Space milik Taylor Swift yang memiliki 2.2 miliar total views hanya dari 1 video.

Dari perbandingan tersebut Anda harus realistis bahwa sampai kapanpun, kemungkinan Anda sangat kecil untuk mendapatkan puluhan hingga ratusan juta views dari 1 video. Terkecuali Anda artis atau musisi internasional.

Namun, untuk menjadi seperti Reza Oktavian, Anda memiliki kemungkinan yang besar disini.

Selain Reza Oktavian, ada juga beberapa akun YouTube seperti Calon Sarjana dan YTCrash yang telah berhasil mendapatkan hingga lebih dari 400.000.000 views. Perlu Anda ketahui bahwa 400.000.000 views tersebut tidak didapatkan dari 1 video, melainkan lebih dari 100 video.

Apabila Anda tertarik untuk mendapatkan uang dari YouTube seperti akun – akun di atas, Anda harus mampu menghadapi proses berikut:

  1. Membuat video yang menarik perhatian, topiknya bebas;
  2. Merencanakan jadwal penerbitan video secara regular;
  3. Konsisten menjalani poin 1 dan poin 2 dalam berbagai keadaan;

Sederhana bukan?

Saya tak menjamin Anda mendapatkan ratusan juta dengan menerapkan 3 poin diatas. Namun, cobalah 3 poin diatas dalam waktu kurang lebih 8 bulan atau 1 tahun.

Internet adalah harta karun informasi. Jutaan hingga miliaran informasi tersebar setiap harinya.

Apabila Anda mampu memanfaatkan celah untuk mendapatkan informasi, maka tak menutup kemungkinan Anda mampu memanipulasi informasi menjadi sumber penghasilan yang besar.

Tapi ingat, tetap realistis… ūüôā

Uang di Internet Lebih Rumit

Jangan tergoda dengan screenshot pendapatan orang lain di internet. Karena bagi pemula, screenshot pendapatan orang lain adalah godaan agar Anda memiliki niat untuk mengikuti program yang dirujuk oleh orang tersebut.

Bagi pemula, ketika mengetahui cerita orang lain yang mendapatkan uang dari internet, semangat dan respon terhadap isu tersebut sangat sigap… Awalnya…

Namun saat prosesnya berjalan, lalu melihat angka penghasilan tidak sesuai dengan harapan, disinilah Anda mulai lesu.

Perlu Anda sadari, sangat jarang sekali seorang pemula mendapatkan uang besar dari internet, terlebih lagi dalam masa adaptasi dan percobaan.

Jangankan 100.000 rupiah per hari, 10.000 rupiah per hari pun mungkin sangat sulit.

Mengapa sangat sulit?

Karena Anda tidak memiliki audience yang besar!

Jangan fikir bahwa uang yang Anda dapat dari internet adalah uang yang langsung diberikan oleh mesin kepada Anda.

Uang yang diberikan internet kepada Anda adalah dari manusia, bukan mesin. Bahkan, sistem pemberiannya lebih rinci dibanding pembagian gaji di awal bulan.

Jika harus dibandingkan dengan kerja sebagai karyawan yang pendapatan setiap bulannya sudah tetap, mendapatkan penghasilan dari internet adalah resiko bagi pengangguran yang kehidupannya krisis keuangan.

Oleh karena itu saya lebih menyarankan apabila Anda adalah seorang pemula yang tertarik mencari uang di internet, minimal Anda masuk dalam kriteria di bawah ini:

  1. Pelajar, minimal SMA atau Mahasiswa.
  2. Pegawai (karyawan) yang memiliki gaji tetap.

Mengapa minimal harus memiliki kriteria seperti di atas?

Karena mendapatkan uang di internet tidak instan. Prosesnya menghabiskan waktu yang cukup lama (bisa lebih dari 90 Р180 hari) untuk mendapatkannya, dan kemungkinan pendapatannya tidak besar untuk seseorang yang masih pemula.

Bagi seorang pengangguran yang kepepet urusan uang. Saya sarankan jangan berharap banyak mendapatkan penghasilan besar dari internet dalam waktu yang singkat.

Berbeda lagi topiknya dengan kerja online yang dibayar.

Contoh, Anda memiliki kemampuan membuat logo dan brosur. Lalu Anda menjadi freelancer yang mengerjakan logo dan brosur milik orang lain dan dibayar Rp. 250.000 per pekerjaan. Hal ini terbilang cukup realistis karena sudah banyak website di internet yang menyediakan pasar khusus untuk freelancer, salah satunya adalah freelancer.com.

Bekerja online merupakan pilihan yang cukup tepat apabila Anda memang menggantungkan pendapatan dari internet.

Tapi, untuk mendapatkan pekerjaan online Anda harus memiliki kemampuan. Selain dari kemampuan utama, dalam contoh ini adalah kemampuan desain, Anda juga harus memiliki kemampuan tambahan, yaitu kemampuan komunikasi dan presentasi.

Apabila Anda memiliki kemampuan komunikasi dan presentasi, maka mendapatkan uang dari internet sebagai freelancer tidak begitu rumit dibanding mendapatkan uang dari internet dengan cara yang native.

Pemasaran dan Publikasi Terarah

Apabila Anda memang berniat mendapatkan uang dari internet, Anda perlu mengetahui arti kata dari internet sebagai pengusaha, bukan sebagai orang biasa.

Apa itu internet?

Bagi saya pribadi, internet adalah peserta yang besar (biggest audience). Atau dalam arti lain adalah pasar yang luas.

Tak mungkin Facebook atau YouTube dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia apabila internet bukan pasar yang luas.

Tak mungkin Kaskus mendapatkan pengguna yang banyak apabila internet bukan peserta yang besar.

Facebook dan YouTube dibuat dan dikembangkan di Amerika Serikat, kenapa masyarakat Indonesia ikutan jadi pengguna?

Kaskus dibuat dan dikembangkan di kota Jakarta, tapi kenapa ada orang dari kota Lampung yang aktif menjadi pengguna?

Masyarakat tidak mungkin bisa menggunakan Facebook atau YouTube di Indonesia apabila internet adalah pasar yang kecil.

Masyarakat juga tidak mungkin bisa menggunakan Facebook atau YouTube apabila pemasaran yang mereka lakukan tidak terarah.

Pada intinya, menjadi pengusaha internet, atau mendapatkan uang dari internet adalah sesuatu yang pasti berkaitan dengan audience network.

Bagaimana cara mendapatkan audience?

Jelas, jawabannya adalah internet marketing.

Mungkin kalian pernah mendapatkan tawaran tentang kaya dengan dropshipping atau sejuta per hari dari dropshipping, atau tawaran Рtawaran lain yang masih berkaitan dengan dropshipping.

Ingat, sekali¬†lagi¬†INGAT…

Kekayaan, atau uang tersebut tidak di dapat sepenuhnya dari dropshipping!!!

Melainkan dari internet marketing.

Dropshipping hanya menjadi kata pemanis agar mereka yang membaca lebih tertarik dan termotivasi untuk kaya atau ingin lebih tahu cara kaya dari dropshipping.

Tapi, faktor penunjang yang membuat dropshipping menjadi sumber uang tak lain adalah:

  1. Memiliki importir dengan harga produk murah ‚ÄĒ komunikasi dan relasi
  2. Pemasaran dan periklanan produk ‚ÄĒ internet marketing
  3. Media presentasi produk ‚ÄĒ presentasi

3 elemen di atas merupakan inti dari dropshipping.

Jika salah satu dari 3 elemen di atas rampung, kemungkinan kegagalannya cukup tinggi.

Contoh…

Apabila poin 1 tidak terpenuhi, maka kemungkinan keuntungan bersih yang Anda dapatkan akan kecil.

Apabila poin 2 tidak terpenuhi, maka kemungkinan besar produk Anda tidak terjual, tidak ada yang beli.

Apabila poin 3 tidak terpenuhi, Anda tidak dapat menerima sumber kunjungan dari masyarakat yang ingin melihat presentasi produk Anda.

Tapi dibalik 3 elemen di atas, ada teknis bercabang yang mendorong kesuksesan penjualan produk.

Dan, lagi Рlagi teknis bercabang pendorong kesuksesan tersebut adalah marketing.

Karena tanpa marketing, apapun bisnis yang Anda lakukan di internet kemungkinan besar akan gagal.

Marketing di internet juga tidak sama dengan marketing yang dilakukan oleh tukang gorengan trotoar.

Anda tidak bisa hanya diam dan menunggu calon pembeli datang. Anda harus mencari cara agar calon pembeli atau calon pelanggan Anda datang ke media presentasi yang telah Anda siapkan.


Kesimpulan

Beberapa konteks dalam artikel ini dibuat dengan ilustrasi agar pembaca lebih mengerti kenyataan tentang cara mendapatkan uang dari internet.

Pada praktiknya, mungkin ada yang berbeda dari konten yang telah dijelaskan di atas. Atau dalam kata lain, ada teknis yang belum dijelaskan dengan rinci.

Saya sebagai penulis siap menerima kritikan dan saran melalui kolom komentar di bawah apabila Anda merasa ada hal yang perlu diperbaiki dalam tulisan ini.

5/5 3 ratings

What's Your Reaction?

Sebel Sebel
0
Sebel
Pusing Pusing
1
Pusing
Sedih Sedih
0
Sedih
Kocak Kocak
0
Kocak
Terkesan! Terkesan!
0
Terkesan!
Kecewa Kecewa
0
Kecewa
Zapra Gartiast

Hay! Saya Zapra Gartiast, calon Wali Kota Bandung tahun 2024 - 2034. Mohon do'a dari kalian yang membaca :D

1
Berikan Komentar

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals