Panduan XAMPP – Cara Install XAMPP di Windows

4 min


Cara Install XAMPP di Windows

Punya rencana ingin mengembangkan website? Atau ingin melakukan testing pemrograman aplikasi website dalam PC / Laptop Anda? Maka Anda harus menginstall XAMPP pada PC / Laptop Anda.

Apa itu XAMPP?

Sekedar sekilas pandang. XAMPP adalah sebuah software untuk menjalankan local web server dengan dukungan program dari ApacheMariaDB (MySQL), PHP, dan Perl.

Dengan adanya local web server, Anda dapat menguji dan mencoba berbagai aplikasi website (website application) seperti WordPress, BootStrapCodeIgniter, dan lain sebagainya.

Memulai Panduan

Sebelum Anda lanjutkan bacaan ini, pastikan bahwa dalam PC / Laptop Anda tidak terdapat program latar belakang yang menganggu kinerja dari XAMPP.

Untuk mengetahui hal ini, Anda dapat membuka Task Manager (CTRL + Shift + Esc), lalu pilih Tab Processes. Setelah itu cari proses httpd.exe dan mysqld.exe.

Apabila dalam Task Manager terlihat kedua proses tersebut sedang berjalan (running), Anda harus menghentikan kedua proses tersebut untuk menghindari port conflict setelah XAMPP terinstall dalam PC / Laptop Anda.

Download XAMPP

Program XAMPP dapat Anda unduh di website resmi XAMPP, yaitu Apache Friends. Alamat website dari Apache Friends dapat Anda kunjungi di https://www.apachefriends.org.

Setelah Anda mengunjungi website Apache Friends, selanjutnya pilih XAMPP installer yang ingin Anda download. Apabila Anda menggunakan sistem operasi Windows, pilih XAMPP for Windows.

Cara Install XAMPP

Setelah Anda klik button XAMPP for Windows, maka secara otomatis installer XAMPP terunduh ke dalam PC / Laptop Anda.

Hal yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut:

  1. Installer XAMPP berukuran 123 MB.
  2. XAMPP adalah software dengan sistem jenis 32 bit.
  3. Installer XAMPP yang Anda unduh secara default diberi nama xampp-win32-7.2.1-0-VC15-installer.exe.
  4. Ketika Anda melakukan klik pada installer XAMPP, publisher resmi yang mengeluarkan software installer XAMPP adalah BitRock, Inc.

Apabila Anda telah berhasil mengunduh installer XAMPP, sekarang saatnya Anda melakukan proses instalasi XAMPP pada PC / Laptop Anda.

Memulai Instalasi XAMPP

Klik file xampp-win32-7.2.1-0-VC15-installer.exe sebagai administrator. Apabila setelah Anda klik file installer terdapat peringatan,

“Important! Because an activated User Account Control (UAC) on your system some function of XAMPP are possibly restricted. With UAC please avoid to install XAMPP to C:\Program Files (x86) (missing write permission). Or deactive UAC with msconfig after this setup.”

Pesan tersebut pada intinya memberi peringatan untuk menghindari pemasangan XAMPP dalam folder Program Files (x86).

Anda cukup abaikan peringatan tersebut dengan klik tombol OK.

Setelah Anda klik tombol OK, Anda akan melihat tampilan selamat datang pada installer XAMPP. Untuk melanjutkan proses instalasi, klik tombol Next >.

Proses Pemilihan Komponen (Modul)

Setelah tombol next di klik, Anda akan dibawa ke tampilan pemilihan komponen. Di bagian pemilihan komponen ini, harap perhatikan hal berikut:

  1. Apache (secara default tercentang)
  2. MySQL (biarkan tercentang)
  3. FileZilla FTP Server (biarkan tercentang)
  4. Mercury Mail Server (biarkan tercentang)
  5. Tomcat (jangan dicentang)
  6. PHP (secara default tercentang)
  7. Perl (biarkan tercentang)
  8. phpMyAdmin (biarkan tercentang)
  9. Webalizer (biarkan tercentang)
  10. Fake Sendmail (jangan dicentang)

Untuk lebih jelasnya, lihat gambar dibawah ini.

memilih komponen dalam XAMPP

Pastikan komponen yang Anda pilih sesuai dengan gambar di atas. Seluruh komponen tersebut dapat Anda atur ulang setelah proses instalasi selesai.

Setelah proses pemilihan komponen selesai, klik tombol Next.

Proses Extracting File XAMPP

Setelah tombol Next pada pemilihan komponen di klik, pada tampilan ini Anda akan diminta untuk menentukan lokasi file XAMPP disimpan. Secara default, XAMPP akan menyarankan Anda untuk menyimpan file di C:\xampp.

Apabila Anda tidak ingin merubah lokasi penyimpanan file XAMPP, Anda bisa melanjutkan proses instalasi dengan klik Next.

Pada tampilan Bitnami for XAMPP, di bagian “Learn more about Bitnami for XAMPP” pastikan posisi kotak tidak tercentang lalu klik Next.

Pada tampilan Ready to Install, klik Next untuk mulai melakukan proses instalasi XAMPP.

proses-instalasi-xampp

Pada tahap ini Anda bisa menunggu hingga proses extracting file XAMPP selesai.

Apabila saat proses extracting file XAMPP terdapat peringatan dari Windows Security Alert yang membutuhkan izin akses Apache dalam Windows Firewall, yang harus Anda lakukan adalah cukup mencentang “Private Networks, such as my home or work network” lalu klik tombol Allow Access.

Ketika proses extracting file selesai, klik tombol Finish, biarkan “Launch XAMPP Control Panel” dalam keadaan tercentang agar Anda dapat melihat langsung XAMPP Control Panel setelah proses extracting file selesai.

Untuk pilihan bahasa yang digunakan XAMPP Control Panel, pilih bahasa inggris. Simbol bendera United Kingdom, lalu klik tombol Save.

XAMPP Control Panel

Pada XAMPP terdapat sebuah kontrol panel yang cukup sederhana. Dalam kontrol panel ini Anda dapat menjalankan module yang disediakan oleh XAMPP.

Beberapa modul tersebut diantaranya:

  1. Apache
  2. MySQL
  3. FileZilla
  4. Mercury
  5. Tomcat

Selain dari modul, terdapat juga sederetan tombol yang berfungsi untuk mengkonfigurasi operasional dari XAMPP.

xampp-control-panel

Melalui kontrol panel XAMPP Anda bisa mulai menjalankan local web server. Local web server dapat di mulai dengan melakukan klik pada tombol Start pada Apache dan MySQL.

Tanda bahwa Apache dan MySQL telah berjalan dapat dilihat melalui gambar dibawah ini.

apache-mysql-started-xampp

Setelah Apache dan MySQL telah beroperasi, Anda dapat membuka aplikasi web browser lalu kunjungi http://localhost.

Pada halaman http://localhost Anda dapat melihat halaman sambutan dari XAMPP. Halaman sambutan ini menandakan bahwa Anda telah berhasil menjalankan local web server dalam PC / Laptop Anda.

Cara Menggunakan XAMPP

Untuk mengetahui cara menggunakan XAMPP, Anda harus mengetahui struktur atau alur XAMPP dalam menjalankan local web server. Struktur atau alur ini cukup sederhana, dan saya yakin Anda pasti dapat memahaminya dengan cepat.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengakses C:\xampp apabila Anda menginstal XAMPP pada folder default.

Langkah kedua, dalam folder xampp terdapat folder htdocs. Buka folder tersebut.

Langkah ketiga, dalam folder htdocs, buat folder dengan nama websaya.

Langkah keempat, buka Notepad, lalu tulis kode berikut dalam Notepad Anda.

Setelah kode di atas Anda buat, simpan file tersebut (Save as) di dalam folder websaya dengan nama index.html.

Langkah kelima, buka aplikasi browser Anda lalu akses http://localhost/websaya.

Apabila ketika Anda mengakses http://localhost/websaya terbuka sebuah halaman yang tampilannya seperti di bawah ini, maka Anda telah berhasil menggunakan XAMPP.

Kesimpulan

Pada halaman http://localhost Anda dapat melihat tutorial dan panduan yang resmi disediakan oleh Apache Friends dalam bahasa Inggris.

Melalui tutorial dan panduan tersebut Anda dapat mempelejari lebih lanjut tentang konfigurasi tingkat lanjut dalam XAMPP. Namun, apabila Anda menginstal XAMPP hanya untuk kebutuhan operasional Apache, PHP dan MySQL, Anda tidak perlu membuang waktu untuk mempelajari konfigurasi tingkat lanjut tersebut.


Apabila artikel ini kurang informatif, atau terdapat bahasa yang kurang Anda mengerti, kami sangat menghormati setiap kritik dan saran Anda melalui kolom komentar yang ada di bagian bawah halaman.

Dalam artikel ini penulis tidak begitu banyak melampirkan gambar sebagai referensi agar pembaca lebih kreatif dalam mempelajari materi panduan.

Terima kasih, semoga bermanfaat. 🙂

4.8/55 ratings

What's Your Reaction?

Sebel Sebel
0
Sebel
Pusing Pusing
1
Pusing
Sedih Sedih
0
Sedih
Kocak Kocak
1
Kocak
Terkesan! Terkesan!
0
Terkesan!
Kecewa Kecewa
0
Kecewa
Zapra Gartiast

Perkenalkan, nama saya adalah Zapra Gartiast dan saya salah satu penulis di website Yuniza. Telah berpengalaman dalam internet dan pengembangan website sejak tahun 2009. Bukan ahli teknologi, namun tertarik dengan berbagai hal menarik dalam teknologi.

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals