SEO YouTube: Cara Mendapatkan Jutaan Viewers di YouTube

3 min


cara mendapatkan jutaan viewers di youtube

Cara mendapatkan viewers dari YouTube tidak hanya melalui pengguna yang mengikuti (subscribe) sebuah channel. Viewers dari YouTube bisa kamu dapatkan dengan mengoptimalkan hal dasar yang (mungkin) tidak pernah diperhatikan oleh sebagian besar content creator.

Tapi, sebelum kamu membaca lebih lanjut, ada satu hal yang ingin saya sampaikan.

Panduan ini bisa jadi efektif, dan bisa jadi juga tidak efektif, semua tergantung dari niche (kategori konten) yang kamu pilih.

Jika kategori konten yang kamu pilih adalah entertainment seperti Jess No Limit, Chameo Project, atau mungkin seperti Deddy Corbuzier, saya rasa kamu gak perlu baca tulisan ini.

Tapi, kalau konten kamu seputar tutorial, advice, atau how-to, maka saya sarankan lanjutkan membaca.

Sekilas Hasil Pencarian

Ketika kamu mengunggah sebuah video ke YouTube, hampir 100% video kamu pasti ada di mesin pencari (search engine) seperti Google, Bing, atau DuckDuckGo.

Contohnya adalah hasil pencarian dari video CS-GO yang di upload 25 menit yang lalu.

Seperti yang kamu lihat bahwa link video tersebut sudah masuk ke hasil pencarian Google.

Tapi, dari contoh di atas, mesin pencari belum tentu memberikan kata kunci untuk video tersebut.

Ilustrasinya begini. Ketika kamu mencari “[CS:GO] Testing new map Blome with friends” di mesin pencari Google, maka Google belum tentu Google menampilkan video di atas meskipun kata kunci yang kamu cari sudah persis seperti judul video di atas.

Kondisi tersebut biasanya diberi nama unindexed keyword, atau kata kunci yang belum terindeks. Lebih tepatnya, mesin pencari belum bisa memberi keyword untuk video di atas.

Lalu, bagaimana caranya agar link video di YouTube bisa terindex oleh mesin pencari, khususnya Google?

Optimasi Melalui Judul Video

Judul video merupakan salah satu faktor penunjang agar video kamu di index dalam keyword di mesin pencari.

Jika kamu membidik keyword “cara membuat tempe goreng tepung“, usahakan judul video kamu berkaitan dengan keyword yang kamu bidik.

Contohnya, kamu bisa memberi video dengan judul “Ini Dia Rahasia Resep Tempe Goreng Tepung“.

Judul video tidak harus 100% sama seperti keyword yang kamu bidik, tapi usahakan saling berkaitan.

Untuk lebih jelasnya coba kamu perhatikan gambar dari hasil pencarian di bawah ini.

Gambar di atas menunjukan sebuah hasil pencarian di mana keyword yang dicari adalah “how to cook delicious rice“, tapi hasil pencarian mereferensikan video dari YouTube dnegan judul “How To Cook Perfect Rice Every Time“.

Dari gambar di atas sudah jelas bahwa keyword yang dibidik tidak harus 100% sama dengan judul video.

Optimasi Melalui Video Subtitle (Closed Captions)

Video subtitle (closed captions) adalah salah satu cara untuk meningkatkan visibilitas topik yang kamu bahas dalam video. Dengan menyertakan video subtitle (closed captions), mesin pencari (khususnya Google) dapat mengetahui konten tentang video kamu dari subtitle (closed captions) yang kamu sertakan dalam video.

Jika kamu melihat kembali screenshot hasil pencarian dari kata kunci “how to cook delicious rice” di atas, kamu bisa melihat bahwa Google memberikan saran dengan kalimat “Suggested clip · 67 seconds“, yang artinya Google memberitahu kamu bahwa topik yang sangat berkaitan dengan keyword “how to cook delicious rice” lama tayangnya adalah 67 detik.

Selain dari memberitahu lama tayangnya topik yang sangat berkaitan dengan keyword, Google juga bisa memberitahu kamu bahwa tayangan yang sangat berkaitan dengan keyword “how to cook delicious rice” di mulai pada detik 0:32 (lihat angka 0:32 di atas “Suggested clip · 67 seconds“).

Pertanyaannya, dari mana Google mengetahui hal tersebut?

Jawabannya adalah dari subtitle (closed captions) pada video.

Sebagian besar video bahasa inggris secara otomatis memiliki subtitle (closed captions). Tapi, untuk video dengan bahasa Indonesia kamu harus secara menual menambahkannya.

Mengoptimalkan Deskripsi Video

Sebenarnya bagian ini antara penting dan tidak penting. Tapi, untuk menjaga visibilitas video dalam hasil pencarian, ada baiknya kamu mengoptimalkan deskripsi pada video yang kamu upload di YouTube.

Selain dari judul dan subtitle pada video, Google (mesin pencari lain) akan mendeteksi kata-kata yang berkaitan dengan keyword yang dicari melalui deskripsi di halaman video tersebut tayang.

Mengoptimalkan Deskripsi Video YouTube

Jika kamu mengunjungi halaman dari video “How To Cook Perfect Rice Every Time”, maka kamu akan melihat deskripsi video yang cukup panjang dan sangat detail.

Deskripsi fungsinya bukan hanya sebagai informasi tambahan bagi yang menyaksikan video, melain untuk mengoptimalkan visibilitas video dalam hasil pencarian di mesin pencari.


Cara di atas belum tentu meningkatkan views di YouTube menjadi ratusan ribu atau jutaan dalam waktu yang singkat. Tapi, cara di atas bisa menjadi referensi untuk kamu coba untuk meningkatkan viewers di YouTube secara bertahap.

Untuk mendapatkan ratusan ribu, atau bahkan hingga jutaan viewers di YouTube bukan perkara yang mudah. Terkadang faktor daya tarik dari sebuah konten video dan popularitas channel menjadi salah satu faktor kesuksesan tinggi/rendah sebuah views video.

Selain itu, mengoptimalkan video YouTube melalui mesin pencari juga tidak membuat video kamu ada di ranking teratas dalam hasil pencarian, khususnya hasil pencarian Google.

Pada mesin pencari, khususnya Google, terdapat algoritma dan proses dinamis yang selalu berubah-ubah setiap jamnya dalam menampilkan hasil pencarian. Oleh karena itu, sabar dan menikmati proses adalah salah satu obat mujarab agar kamu tetap berkarya.

4.9/5 7 ratings

What's Your Reaction?

Sebel Sebel
0
Sebel
Pusing Pusing
0
Pusing
Sedih Sedih
0
Sedih
Kocak Kocak
0
Kocak
Terkesan! Terkesan!
0
Terkesan!
Kecewa Kecewa
0
Kecewa
Yuni Marsela

Pemula

Penulis amatir yang masih belajar blogging. Semoga semua yang saya tulis bermanfaat buat kalian semua :D

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Punya tanggapan? Tinggalkan komentarx
()
x
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals