Bagaimana Cara Menjadi Website Developer

3 min


Bagaimana Cara Menjadi Website Developer

Awalnya saya agak pesimis kenapa ada orang yang ingin menjadi developer website. Kenapa?

Zaman sekarang sudah cukup lengkap dengan berbagai sumber daya teknologi untuk kemudahan dan kecepatan dalam berbagai aktifitas, maka saya beranggapan mungkin banyak orang yang tidak begitu peduli proses dalam mengembangkan sebuah website atau aplikasi mobile.

Tapi, setelah melihat riset selama 2017, ternyata pengembangan teknologi informasi, khususnya website adalah sesuatu yang akan terus berkembang.

Apabila di ibaratkan dalam komunikasi digital, website itu seperti email yang akan terus digunakan dalam waktu 50 tahun mendatang.

Karena peran website begitu penting dan akan digunakan dalam waktu yang sangat panjang. Maka, dalam artikel kali ini saya ingin berbagi tips cara untuk menjadi website developer.

Terbiasa Dengan Kode

Tak ada satu pun website developer di dunia ini yang tidak terbiasa dengan kode. Seorang website developer pasti terbiasa dengan kode.

Kode yang biasa digunakan oleh website developer biasanya adalah HTMLCSS dan JavaScript. Namun, tak sedikit juga yang menambahkan PHP sebagai bahasa pemrograman tambahan untuk kebutuhan website development lebih lanjut.

Program yang harus Anda miliki untuk menulis kode adalah sebagai berikut:

  1. Atom Editor
  2. Microsoft Visual Studio Code
  3. Brackets Editor

Ketiga program tersebut dapat Anda gunakan dengan gratis.

Selain gratis, ketiga program di atas juga tersedia untuk WindowsMacOS, dan Linux.

Sebagai catatan, Anda tidak perlu menggunakan ketiga program tersebut, cukup pilih salah satu.

Mempelajari Kode HTML (HyperText Markup Language)

Bagi Anda yang ingin menjadi seorang website developer, maka memiliki pengetahuan tentang HTML hukumnya wajib.

Kode HTML adalah sebuah kode dasar yang pasti digunakan dalam website. Karena kode pertama yang akan di proses oleh web browser adalah kode HTML.

Mempelajari kode HTML juga bisa dibilang sangat mudah. Anda bisa mempelajari kode HTML dalam waktu kurang dari seminggu, jika serius.

Saat ini ada banyak sekali website yang memberikan pelajaran tentang HTML, tapi satu-satunya website yang saya rekomendasikan untuk Anda mempelajari dasar HTML adalah codecademy.com.

Pada website codecademy Anda dapat mempelajari HTML lebih interaktif, karena di sana Anda akan belajar secara praktik, tidak hanya membaca.

Saat ini codecademy hanya menyediakan materi pelajaran menggunakan bahasa inggris. Jadi, pastikan Anda cukup mengerti bahasa inggris untuk mempelajari dasar HTML di codecademy.

Mempelajar Kode CSS (Cascading Style Sheet)

Selain HTML, memiliki pengetahuan praktik dalam CSS juga adalah hal yang wajib bagi seorang website developer.

Pada teknologi website, CSS merupakan kode untuk memproses gaya (style), layout dan warna (color) dalam website. Tanpa kode CSS, artikel yang kamu baca saat ini pun bisa jadi sangat tidak nyaman dan berantakan. Namun, berkat kode CSS, maka seluruh gaya dalam halaman ini bisa menjadi rapih dan tertata.

Bagaimana Cara Menjadi Website Developer
Gambar contoh website tanpa kode CSS

Mempelajari CSS mungkin akan memakan waktu cukup lama. Kurang lebih 1 bulan agar Anda bisa benar-benar paham dan kenal setiap fungsi dari kode CSS.

Berbeda dengan HTML, kode dalam CSS memiliki banyak fungsi dan definisi yang perlu Anda pahami agar Anda menjadi seorang website developer yang berkualitas.

Untuk belajar dasar dari kode CSS, Anda bisa mempelajarinya di W3Schools.com atau codecademy.com.

Mempelajari Pemrograman JavaScript

Diantara HTML dan CSS, yang mungkin akan sulit untuk Anda pelajari adalah JavaScript. Mengingat JavaScript adalah pemrograman, maka akan ada aturan sistematis kode yang berbeda dibanding HTML dan CSS.

Namun, dibalik kesulitannya tersebut, JavaScript adalah pemrograman yang sangat impresif bagi seorang website developer.

Dengan JavaScript, Anda dapat membuat hal menakjubkan seperti di bawah ini.

Namun, selain untuk membuat sebuah animasi objek dalam website, JavaScript juga sangat berguna untuk membuat website lebih interaktif. Selain itu, JavaScript juga mampu membuat performa dan kinerja website lebih cepat.

Pada perkembangan teknologi saat ini, JavaScrtipt adalah satu-satunya bahasa pemrograman yang paling di andalkan untuk berbagai kebutuhan, khususnya dalam hal cross platform access.

Untuk mempelajari dasar dari JavaScript, Anda dapat mempelajari dan mempraktikannya langsung di website W3Schools.com.

Melalui W3Schools.com, Anda dapat mempelajari dasar dari pemrograman JavaScript.

Mempelajari Web Framework

Dalam website terdapat bingkai kerja, atau dalam bahasa komunitas website developer adalah pustaka kode yang di dalamnya berisi fungsi-fungsi yang dapat digunakan oleh website developer.

Fungsi utama dari framework sendiri adalah untuk mempercepat proses kerja seorang programmer dalam membuat program pada sebuah website. Namun, bukan berarti hal ini dilupakan oleh seorang website developer.

Seorang website developer juga perlu mengenal praktik dalam menggunakan framework agar website developer terbiasa ketika bekerja dalam tim yang menggunakan framework.

Cara Kerja Framework

Dalam sebuah framework pasti terdapat kode yang berisi fungsi khusus. Contoh sederhananya adalah ketika Anda ingin membuat objek berikut:

Halo saya adalah teks yang dipanggil tanpa framework

Untuk membuat objek tersebut, saya harus mengetik kode berikut:

Apabila Anda menggunakan web framework, sebut saja Bootstrap, maka untuk membuat gaya objek seperti di atas Anda bisa menggunakan kode yang lebih pendek, contohnya  <p class="kolom-abu-abu">Halo saya adalah teks yang dipanggil tanpa framework</p>.

Ada beberapa web framework yang dapat Anda pelajari, beberapa diantaranya adalah:

  1. Bootstrap
  2. Materialize CSS
  3. Semantic UI
  4. UIKit

Sebagai catatan tambahan, sebelum Anda mempelajari web framework, ada baiknya Anda pelajari terlebih dahulu HTML, CSS dan JavaScript.


Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin menjadi seorang website developer.

😁✌️

0/50 ratings

What's Your Reaction?

Sebel Sebel
0
Sebel
Pusing Pusing
0
Pusing
Sedih Sedih
0
Sedih
Kocak Kocak
0
Kocak
Terkesan! Terkesan!
0
Terkesan!
Kecewa Kecewa
0
Kecewa
Zapra Gartiast

Perkenalkan, nama saya adalah Zapra Gartiast dan saya salah satu penulis di website Yuniza. Telah berpengalaman dalam internet dan pengembangan website sejak tahun 2009. Bukan ahli teknologi, namun tertarik dengan berbagai hal menarik dalam teknologi.

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals