Ini Dia! Cara Posting Instagram Secara Terjadwal 2018

5 min


cara posting instagram terjadwal

Buat kamu yang bekerja sebagai admin sosial media di instagram, atau mungkin menjalani bisnis di instagram dengan berbagi foto kutipan atau foto-foto menarik lainnya, maka kamu membutuhkan sebuah aplikasi yang berfungsi untuk menjadwalkan postingan kamu di instagram.

Tidak seperti Facebook Pages Manager, Instagram tidak menghadirkan fitur menjadwalkan post di dalam platformnya. Selain itu, instagram juga tidak menghadirkan fitur upload foto melalui web.

Mungkin kamu pernah mengalami kebingungan dalam kondisi berikut; kamu sudah mendesain suatu gambar atau foto melalui Photoshop atau Lightroom, ketika desain tersebut selesai dan kamu ingin mengunggahnya ke instagram, kamu harus melalui proses rumit. Misalnya, kamu harus mengirim hasil desain melalui Email, Bluetooth, atau WiFi File Sharing yang konfigurasinya butuh waktu bermenit-menit, bahkan hingga berjam-jam.

Kondisi tersebut benar-benar menyebalkan dan mungkin membosankan jika dilakukan secara rutin.

Tapi, sekarang kondisi tersebut bisa kamu atasi berkat platform Hootsuite.

Ups, bukan Hootsuite, tapi IconoSquare.

Bukan juga IconoSquare, tapi Buffer.

Ternyata Buffer juga bukan, terus apa dong?

Kemarin sebenarnya saya sempat browsing video di YouTube dan secara tidak sengaja menemukan aplikasi berbasis web untuk posting instagram secara terjadwal melalui laptop atau komputer, nama aplikasinya adalah Gunapost.

Presentasi videonya memang kurang menarik, tapi poin yang saya perhatikan bukan presentasi videonya, melainkan kualitas dari aplikasi tersebut.

Bisa kamu lihat bukan bagaimana presentasi video mereka di YouTube? Menurut saya pribadi sih jelek😄😄😄😄*maaf, tapi itu kenyataannya hahaha

Tapi, melihat fitur yang mereka tawarkan, akhirnya saya tertarik untuk membeli dan mencoba Gunapost.

Dan hasilnya…

Gunapost Dari Segi UI (User Interface)

Tampilannya bersih dan sederhana, bahkan sangat bersahabat bagi pengguna yang masih awam berinteraksi dengan web. Gunapost menyediakan aplikasi yang benar-benar fokus untuk mengelola dan menjadwalkan posting di akun instagram kamu.

Coba kamu lihat screenshots di bawah ini.

Ketika kamu pertama kali login ke aplikasi Gunapost, kamu akan disediakan sebuah tampilan yang langsung mengajak kamu untuk menjadwalkan posting ke instagram.

Uniknya, Gunapost juga menyediakan pratinjau sederhana yang bentuknya mirip seperti aplikasi instagram di smartphone.

Saat kamu menulis caption, maka tulisan tersebut secara real time akan tampil juga di bilah (panel) pratinjau. Fitur ini mereka sebut dengan nama real time preview.

Fitur real time preview ini sangat berguna karena kamu tidak akan penasaran dengan hasil postingan ketika sudah terbit di instagram.

Selain itu, caption kamu juga bisa ditambahkan dengan emoji yang bisa langsung kamu pilih dengan melakukan klik pada icon smile.

Gunapost Dari Segi Fitur

Menurut saya pribadi ada 1 fitur yang belum disediakan oleh Gunapost. Fitur tersebut adalah laporan analisis (analytic reports).

Saya tidak tahu berapa persen pertumbuhan followers saya di instagram setelah menggunakan Gunapost. Saya juga tidak tahu persentase peningkatan dan penurunan performa akun instagram saya.

Tapi, bukan berarti Gunapost tidak kaya akan fitur. Gunapost memiliki fitur-fitur yang cukup keren untuk pemasaran dan visibilitas akun instagram kamu.

Fitur Likes Otomatis

Gunapost menghadirkan fitur likes otomatis. Dari nama fiturnya juga sudah jelas pasti kamu tahu maksudnya bukan?

Fitur likes otomatis ini akan menyukai (likes) setiap foto berdasarkan hashtags, lokasi, dan nama pengguna secara otomatis. Fitur auto likes juga akan terus bekerja tanpa berhenti, kecuali kamu menyuruhnya untuk berhenti.

Kamu juga bisa mengatur berapa banyak foto yang akan disukai dalam 1 hashtags atau lokasi.

Misalnya, kamu ingin menyukai 5 foto untuk hashtags #asiangames2018. Maka aplikasi Gunapost secara otomatis akan menyukai 5 foto terbaru yang muncul dalam hashtags #asiangames2018.

Gunapost juga menyediakan acitivity log agar kamu bisa mengetahui berapa banyak foto yang sudah kamu likes.

Contoh di atas adalah hasil saya menggunakan Gunapost untuk menyukai foto secara otomatis. Sesuai dengan screenshots di atas, saya sudah menyukai lebih dari 550 foto.

Kamu juga bisa mengatur kapan likes otomatis ini berhenti bekerja. Contoh, kamu bisa mengatur agar likes otomatis berhenti bekerja dari jam 9 malam hingga jam 7 pagi.

Fitur Komentar Otomatis

Pasti kamu pernah melihat komentar SPAM di akun instagram yang cukup terkenal, contohnya adalah akun instagram Raisa.

Setiap kali Raisa update foto, pasti ada saja yang jualan melalui komentar di foto instagram Raisa.

Nah, aplikasi Gunapost juga bisa bekerja untuk hal tersebut.

Kamu bisa berkomentar ke banyak foto secara otomatis berdasarkan hastags, lokasi dan nama pengguna.

Sebenarnya saya sempat mencoba fitur ini sebentar, tapi saya hentikan karena melakukan komentar SPAM cukup beresiko dilaporkan penyalahgunaan oleh pengguna lain di instagram.

Fitur komentar otomatis juga memiliki activity log dan bisa diatur kapan harus berhenti beraktifitas persis seperti fitur like otomatis.

Fitur Follow Otomatis

Kamu bisa mengikuti (follow) akun instagram lain secara tertarget, yaitu berdasarkan hashtags, lokasi dan nama pengguna.

Tapi uniknya, di fitur follow otomatis ini terdapat penyaringan yang bisa kamu atur agar target pengguna yang kamu follow lebih tertarget lagi.

Di fitur follow otomatis kamu bisa menyaring pengguna yang akan kamu follow berdasarkan jenis kelamin, private profiles, gambar profile, profile bisnis, minimal foto yang terupload, minimal – maksimal follower, dan minimal – maksimal following.

Fitur follow otomatis memiliki acitivity log dan bisa diatur kapan harus berhenti beraktifitas persis seperti fitur like otomatis.

Fitur Gunapost Lainnya

Sebenarnya masih ada 3 fitur lagi yang belum saya bahas, yaitu fitur unfollow otomatis, direct message (DM) otomatis, dan repost otomatis.

Tapi, karena pembahasan fitur ini akan sangat panjang, maka ada baiknya saya loncat langsung ke bagian keamanan dan harga.

Keamanan Aplikasi Gunapost

Awalnya saya sempat sedikit ketakutan karena aplikasi Gunapost mengharuskan saya login ke instagram menggunakan password.

Biasanya, jika kamu ingin login ke instagram dari aplikasi pihak ketiga, maka pihak ketiga tersebut harus menggunakan instagram API agar pengguna instagram lebih aman ketika menggunakan aplikasi pihak ketiga yang membutuhkan login instagram. Tapi, Gunapost sepertinya agak berbeda.

Saya mencoba menghubungi layanan pelanggan Gunapost dan menanyakan perihal login ke instagram yang harus menggunakan password.

Setelah chat langsung dengan mereka dalam waktu kurang lebih 30 menit, pihak Gunapost berkata bahwa password tersebut tidak tersimpan di server mereka, bahkan mereka tidak mengetahui username dari akun instagram yang kamu gunakan di Gunapost mengingat data tersebut tidak tersimpan dalam server Gunapost.

Mereka juga mengatakan bahwa password tidak tersimpan dalam bentuk plain text (teks polos) di database. Seluruh password akan terenskripsi dengan hash generator yang tidak terindex oleh layanan dan hash database pihak ketiga.

Pihak Gunapost mengatakan; ketika seorang pelanggan membeli dan menggunakan Gunapost, seluruh data dan aktifitas akun instagram yang dilakukan melalui aplikasi Gunapost tidak pernah tersimpan di server Gunapost. Seluruh data tersebut tersimpan di server lain yang tidak akan pernah disentuh oleh pihak Gunapost setelah proses pemasangan aplikasi Gunapost selesai.

Sebenarnya saya kurang mengerti tentang metode enskripsi password dan penjelasan di atas, tapi melihat pernyataan dari Gunapost yang sangat meyakinkan, akhirnya saya mencoba untuk tenang dan percaya bahwa platform Gunapost benar-benar aman.

Harga Aplikasi Gunapost

Harga normal dari aplikasi Gunapost adalah Rp 125.000 per bulan. Namun, karena saya membelinya saat masa promo, saya bisa membeli aplikasi Gunapost dengan harga Rp 700.000 per tahun.

Gunapost membedakan harga berdasarkan lama waktu berlangganan. Kamu bisa berlangganan Gunapost bulanan, tiga bulanan, enam bulanan, hingga tahunan.

Menurut saya pribadi, harga dari Gunapost ini tidak murah, dan tidak mahal. Apabila harus dibandingkan dengan aplikasi seperti Hootsuite, Buffer, IconoSquare, Virol, atau Celebgramme, Gunapost adalah aplikasi dengan harga yang paling terjangkau.

Coba lihat perbandingan harganya di bawah ini:

  • Hootsuite – Gratis tapi terbatas. Paket gratis membatasi maksimal 3 akun instagram dan 30 penjadwalan per bulan. Selengkapnya lihat di https://hootsuite.com/id/plans.
  • Buffer – Gratis tapi terbatas. Paket gratis membatasi maksimal 3 akun instagram dan 10 maksimal penjadwalan. Selengkapnya lihat di https://buffer.com/pricing.
  • Iconosquare$348 per tahun. Sekitar Rp 5.000.000 per tahun. Selengkapnya lihat di https://pro.iconosquare.com/pricing.
  • Virol – Harga normal Rp 99.000 per bulan. Harga promo Rp 449.000 per tahun. Tapi fitur Virol hanya menyaring dan memposting ulang (repost) gambar/foto di instagram. Selengkapnya lihat di https://virol.co.
  • Activfans –  Harga per bulan Rp 195.000 dan harga per tahun Rp 1.280.000. Fiturnya sangat mirip dengan Gunapost, tapi tidak ada penjelasan apakah ada fitur komentar otomatis dan repost otomatis atau tidak. Selengkapnya lihat di https://activfans.com. (Nama Celebgramme berubah menjadi Activfans)

Dari hasil perbandingan tersebut, akhirnya saya coba aplikasi Gunapost.

Satu lagi yang membuat saya terkesan. Pihak Gunapost juga memberi bonus desain grafis dan icon menarik yang selalu hadir di setiap bulannya. Hal tersebut benar-benar membantu saya untuk membuat gambar dengan desain menarik di instagram.

Kalau kamu tertarik untuk menggunakan Gunapost, kamu bisa mengunjungi https://gunagawe.com/gunapost untuk mendapatkan informasi lebih jauh tentang Gunapost.


Okay segitu dulu tulisan panjang tentang cara posting instagram secara terjadwal. Apabila kamu memiliki saran atau pertanyaan pada tulisan ini, kamu bisa menambahkan saran atau pertanyaan melalui kolom komentar.

4.6/5 18 ratings

What's Your Reaction?

Sebel Sebel
0
Sebel
Pusing Pusing
0
Pusing
Sedih Sedih
0
Sedih
Kocak Kocak
0
Kocak
Terkesan! Terkesan!
10
Terkesan!
Kecewa Kecewa
0
Kecewa
Zapra Gartiast

Hay! Saya Zapra Gartiast, calon Wali Kota Bandung tahun 2025 - 2035. Mohon do'a dari kalian yang membaca 😀

Subscribe
Notify of
guest
1 Komentar
oldest
newest most voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
1
0
Punya tanggapan? Tinggalkan komentarx
()
x
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals