Mengapa Anda Harus Mengerti HTML

2 min


Mengapa Anda Harus Mengerti HTML

HTML (Hypertext Markup Language) merupakan sebuah bahasa markup, atau dalam definisi yang lebih sederhana adalah bahasa penanda yang berjalan dalam peramban web (web browser).

Dalam ilmu pengembangan website, HTML merupakan hal yang wajib dimengerti oleh seorang pengembang website (website developer). Karena dalam HTML lah sebuah website memiliki tanda untuk di atur polanya, gayanya, dan warnanya oleh CSS.

Tunggu sebentar, CSS itu apa? ­čśÉ

Oh iya, saya hampir lupa. CSS adalah kode untuk memberi pola, gaya, dan warna pada HTML. Materi tentang CSS akan dibahas dalam artikel selanjutnya… ­čÖé

Kode HTML terbilang cukup mudah dimengerti. Mengingat kode HTML memiliki tanda awal dan tanda akhir seperti contoh di bawah ini…

Seperti yang Anda lihat bahwa ada tanda pembuka serta penutup di setiap masing-masing tanda. Apabila merujuk pada kode di atas, maka tanda  <body> ditutup oleh  </body> , lalu tanda  <div> ditutup oleh  </div>.

Sederhana bukan?

Namun, kali ini saya tidak akan membahas tentang kode HTML. Topik yang akan saya bahas dalam artikel ini adalah alasan Anda harus mengerti tentang HTML.

HTML adalah fondasi website

HTML adalah kode pertama yang saya pelajari dalam ilmu pengembangan website. Mungkin bukan hanya saya, tapi seluruh pengembang website di seluruh dunia pasti memulai pelajaran pertama mereka dengan kode HTML.

Apabila Anda ingin menjadi seorang pengembang website, maka kode dan struktur dari HTML adalah hal pertama yang harus Anda pelajari.

Dalam praktik teknis pengembangan website, HTML dapat dijadikan sebuah referensi statis sebelum seorang pengembang web mulai membangun website dinamis.

WYSIWYG Editor dasarnya adalah HTML

Mungkin Anda pernah menggunakan WYSIWYG Editor, atau kepanjangannya adalah What You See Is What You Get Editor.

Dalam pengembangan website, WYSIWYG editor biasanya digunakan untuk menulis konten. Apabila Anda pernah menggunakan Tumblr, Blogger atau WordPress, Anda pasti tidak asing lagi dengan WYSIWYG editor yang disediakan untuk melakukan penulisan konten.

wordpress wysiwyg editor

Dalam WYSIWYG editor, seluruh tulisan, gambar, dan video yang tampil memiliki kode HTML yang secara otomatis ditampilkan hasilnya dalam editor.

Mengingat kerapihan format konten tidak sepenuhnya sesuai dengan tampilan WYSIWYG editor, maka Anda perlu menata kerapihan konten tersebut menggunakan kode HTML secara manual.

Contoh, apabila Anda melakukan copy & paste sebuah tulisan dari website milik orang lain ke WYSIWYG editor milik, maka font dan warna teks akan merujuk pada format tulisan yang Anda copy dari website orang lain.

Apabila Anda ingin font dan warna teks sesuai dengan keinginan Anda, maka Anda harus merubah font dan warna teks dengan cara menyunting kode HTML secara manual.

Email masih menggunakan HTML

Apabila Anda adalah seorang internet marketing dan ingin menggunakan sumber daya email sebagai media untuk pemasaran, maka Anda setidaknya perlu mengerti HTML.

Walaupun saat ini sudah banyak sekali template untuk email marketing, namun tidak menutup kemungkinan untuk melakukan penyuntingan konten dalam template tersebut membutuhkan setidaknya pengetahuan HTML.

html-email-template-tokopedia

Gambar di atas adalah contoh dari email HTML yang digunakan oleh Tokopedia dalam melakukan promosi melalui email.


Memiliki pengetahuan HTML bukan hal yang sulit. Pada dasarnya, mengetahui HTML adalah sebuah jalan bagi Anda yang ingin melakukan penyuntingan konten untuk beberapa jenis publikasi di internet.

4.5/5 2 ratings

What's Your Reaction?

Sebel Sebel
0
Sebel
Pusing Pusing
0
Pusing
Sedih Sedih
0
Sedih
Kocak Kocak
0
Kocak
Terkesan! Terkesan!
0
Terkesan!
Kecewa Kecewa
0
Kecewa
Zapra Gartiast

Hay! Saya Zapra Gartiast, calon Wali Kota Bandung tahun 2024 - 2034. Mohon do'a dari kalian yang membaca :D

1
Berikan Komentar

avatar
0 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals