Tutorial HTML: Mengenal Entitas dan Simbol Pada HTML

1 min


Mengenal Entitas dan Simbol Pada HTML

HTML memiliki sebuah simbol, atau biasa dikenal dengan entity codesentity numbers, special characters atau HTML Symbols. Fungsi dari simbol dalam HTML sendiri sangat penting untuk menampilkan teks simbolis seperti berikut:

  • ©
  • ½
  • ß

Kode entitas seperti contoh di atas adalah sebuah teks khusus yang fungsionalitasnya berbeda dengan format teks.

Simbol pada HTML memiliki kepentingan yang lebih spesifik saat digunakan dalam HTML. Biasanya penggunaan simbol pada HTML bertujuan untuk mewakili suatu teks melalui simbol, atau bisa juga digunakan untuk menampilkan karakter matematika, seperti a = √c² – b² atau ½ ≥ ¼

Selain dari fungsi spesifik seperti yang telah dijelaskan di atas. Sistematis entitas dan simbol pada HTML juga berperan sebagai teks output yang prosedurnya sama seperti Anda menulis pada keyboard.

Huruf alfabet dan angka dari A – Z dan 0 – 9 adalah sebuah entitas yang memiliki identifikasi. Bahkan, spesial karakter seperti tanda seru (!), tanda tanya (?) dan persen (%) juga memiliki identifikasi dalam entitas yang dapat Anda lihat dalam tabel yang dijelaskan oleh W3C di sini.

Prosedur Entitas dan Simbol Pada HTML

Mengingat tidak seluruh simbol selalu ditampilkan dalam keyboard, maka proses encoding dari sebuah simbol membutuhkan sebuah entitas yang harus digunakan. Contohnya, ketika Anda ingin membuat simbol mata uang euro (€). Dalam keyboard tidak terdapat tombol untuk membuat simbol mata uang euro, oleh karena itu HTML perlu memproses sebuah entitas untuk menampilkan simbol mata uang euro dalam peramban web.

Berbeda halnya apabila Anda ingin menampilkan tanda seru (!). Karena tanda simbol tanda seru telah tersedia dalam keyboard, Anda tidak perlu lagi menuliskan sebuah entitas untuk menampilkan tanda seru dalam HTML.

Daftar Entitas Umum

Mengingat daftar entitas pada HTML begitu banyak, maka di bawah ini saya akan memberi rincian melalui sebuah link untuk Anda yang ingin mengetahui daftar entitas dalam HTML.

  1. W3Schools.com – https://www.w3schools.com/charsets/ref_html_entities_4.asp.
  2. W3C – https://dev.w3.org/html5/html-author/charref.
  3. Free Formater – https://www.freeformatter.com/html-entities.html.

Apabila Anda merasa rumit untuk menghafal entitas tersebut, Anda dapat menandai (bookmarks) alamat di atas sebagai referensi saat Anda ingin mengaksesnya.

Catatan lain. Apabila Anda suka menulis melalui platform seperti Blogger, WordPress, atau Ghost, maka dalam platform tersebut telah disediakan WYSIWYG editor yang di dalamnya terdapat panel untuk menampilkan daftar entitas pada HTML.

0/5 0 ratings

What's Your Reaction?

Sebel Sebel
0
Sebel
Pusing Pusing
0
Pusing
Sedih Sedih
0
Sedih
Kocak Kocak
0
Kocak
Terkesan! Terkesan!
0
Terkesan!
Kecewa Kecewa
0
Kecewa
Zapra Gartiast

Hay! Saya Zapra Gartiast, calon Wali Kota Bandung tahun 2024 - 2034. Mohon do'a dari kalian yang membaca :D

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals