Nulled Plugins dan Themes WordPress Apakah Berbahaya?


nulled-plugins-dan-themes-wordpress-apakah-berbahaya

Mungkin Anda memiliki website, dan Anda menggunakan platform CMS WordPress untuk menjalankan operasional website tersebut.

Bagi para komunitas atau individu yang membutuhkan wadah untuk melakukan presentasi dan publikasi di internet, solusi terbaiknya mungkin dengan memiliki website.

Masalah yang sesekali muncul adalah, ketika Anda menginginkan CMS WordPress dengan sistem, fitur, dan tampilan yang eksklusif.

Bukan tidak mungkin, namun untuk memiliki website dengan CMS WordPress yang sistem, fitur, dan tampilan eksklusif itu tidak gratis.

Karena tidak gratis ini merupakan masalah, beberapa pemilik website memilih untuk menggunakan pirates plugins & themes, atau dalam bahasa lain adalah nulled plugins & themes yang dibagikan gratis.

Walaupun untuk mengunduh dan menggunakannya gratis, tapi dalam hal dukungan pelanggan dan jaminan keamanan sangat beresiko.

Mengingat plugins dan themes tersebut merupakan hasil curian lalu dibagikan secara gratis, maka tidak menutup kemungkinan si maling ini menyisipkan kode berbahaya ke dalam plugins atau themes untuk kepentingannya sendiri.

Terkadang, kode berbahaya tersebut tidak dapat terdeteksi dengan mudah. Bahkan, kode berbahaya tersebut mampu berjalan dalam file PNG (Portable Network Graphics).

Apabila Anda telah mengetahui resiko dan dampak negatif dari menggunakan plugins dan themes nulled, apakah Anda masih ingin menggunakannya?

Apabila Tetap Ingin Menggunakan

Apabila Anda benar – benar ingin menggunakannya dan tidak memiliki pilihan lain, maka ada baiknya Anda melakukan pengecekan terhadap plugins atau themes tersebut bersama teman yang ahli pengembangan website atau seorang programmer.

Bagi seseorang yang ahli dalam dunia perangkat lunak komputer, melakukan pengecekan tersebut (mungkin) bukan hal yang sulit.

Kenapa harus melakukan pengecekan dengan seseorang yang ahli?

Kode berbahaya yang di tanam dalam plugins atau themes nulled tidak dapat terdeteksi sebagai malwareadware, atau ware² lainnya oleh anti virus.

Mengingat kode berbahaya yang disisipkan memiliki syntax yang serupa dengan kode pada program utama, dan (mungkin) tidak banyak, maka anti virus tidak akan menganggap kode berbahaya tersebut sebagai virus.

Itu-lah sebab anti virus tidak dapat mendeteksi kode berbahaya dalam plugins dan themes yang nulled.

Resiko dan Dampak Negatif Nulled

Sebagian besar pengembang website mengatakan bahwa terdapat beberapa resiko dan dampak negatif terhadap kinerja website yang menggunakan plugins dan themes nulled, diantaranya adalah:

Advertisements
  1. Muncul link ke website lain di bagian bawah (footer) website;
  2. Beberapa halaman, atau bahkan bisa jadi setiap halaman website melakukan pengulangan redirect;
  3. Kecepatan akses terhadap website menjadi lambat, khususnya ketika website melakukan proses input dan output, contohnya seperti saat login;
  4. Tiba – tiba website Anda mendapatkan banyak komentar SPAM;
  5. Muncul gambar iklan yang bukan di sisipkan oleh Anda.

Selain dari lima resiko dan dampak negatif yang telah dijelaskan diatas. Resiko yang paling berbahaya adalah dicurinya data Anda dan pengguna yang terdaftar di website Anda.

Kesimpulan

Tidak semua plugins dan themes nulled disisipkan kode berbahaya. Pada beberapa sumber, seseorang yang membagikan plugins dan themes nulled hanya sekedar membagikan tanpa menyisipkan kode berbahaya di dalamnya.

Apabila Anda tidak sedang sial, mungkin Anda akan mendapatkan plugins dan themes nulled yang tidak disisipkan kode berbahaya.

0/5 0 ratings

What's Your Reaction?

Sebel Sebel
0
Sebel
Ngambek Ngambek
0
Ngambek
Pusing Pusing
0
Pusing
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Kocak Kocak
0
Kocak
Terkesan! Terkesan!
0
Terkesan!
Kecewa Kecewa
0
Kecewa
Zapra Gartiast

Perkenalkan, nama saya adalah Zapra Gartiast dan saya salah satu penulis di website Yuniza. Telah berpengalaman dalam internet dan pengembangan website sejak tahun 2009. Bukan ahli teknologi, namun tertarik dengan berbagai hal menarik dalam teknologi.

Comments 0

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lain Dari Dunia Digital

BACA JUGA

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals