Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan Untuk Memulai Bisnis Online?

3 min


Apa Yang Harus Dipersiapkan Untuk Bisnis Online

Kalau kamu baru saja memulai bisnis, dan permulaan tersebut dimulai dari internet, maka kamu tidak bisa berpikiran kalau kamu adalah seseorang yang berpengalaman di bidang bisnis.

Berbeda lagi jika kamu baru mau memulai bisnis tanpa media internet (online). Kamu boleh anggap diri kamu sebagai pebisnis berpengalaman seperti yang disebutkan di artikel Cara Memulai Bisnis Untuk Pemula.

Sebenarnya tidak ada bedanya antara bisnis di internet dan bisnis non-internet, proses bisnisnya sama-sama saja.

Satu-satunya yang membuatnya berbeda adalah alatnya.

Kalau bisnis internet menggunakan PC, Laptop, atau Smartphone. Kalau bisnis non-internet menggunakan roda, bangunan, kantor, pensil, pulpen, kertas dan alat nyata (real tools) lainnya.

Gampangnya begini.

Dari sekian banyaknya warga Indonesia, saya yakin 90% dari mereka bisa menjadi tukang gorengan. Tapi, dari semua tukang gorengan belum tentu 90%-nya mampu menjadi pebisnis online.

Faktor dan kendalanya sudah jelas, karena tidak semua tukang gorengan punya sumber daya yang tepat untuk berbisnis online.

Selain dari sumber daya, kamu juga harus punya wawasan dan pola pikir yang sangat logis untuk berbisnis online.

Ketika kamu masuk ke dunia online, kamu akan masuk ke dunia yang akan membuat kamu bebas bertindak tanpa ada pengawasan dari siapapun (kecuali pengawasan dari internet positif 😝)

Oleh karena itu sebelum tindakan kamu menyebabkan kerugian untuk diri kamu sendiri, orang tua, kakek, nenek, kakak, adik, dan saudara-saudara lainnya, kali ini saya akan berbagi sedikit tips agar kamu bisa lebih pandai dalam memulai bisnis online.

Memiliki Laptop dan Komputer

Apa pernah kamu mendengar atau membaca sebuah kalimat yang mengatakan kalau bisnis online tidak membutuhkan laptop atau komputer?

That’s sounds good…

Siapa yang bilang? Suruh debat ramah dengan saya sekarang! 🤣

Namanya bisnis online butuh laptop atau komputer. Bagaimanapun bentuknya, kamu perlu sebuah layar yang cukup panjang dan lebar untuk menjelajahi, mempelajari, mempraktikan, hingga mengoperasikan bisnis online secara mandiri.

Apa kamu yakin bisa mengoperasikan bisnis dari smartphone?

Sekalipun kamu menggunakan iPhone XS Max, kamu belum tentu bisa mengoperasikan bisnis kamu melalui smartphone. Bukan tidak bisa, tapi sulit.

Pernah ada satu teman saya berargumentasi bahwa dia mampu mengoperasikan bisnis online cukup dari smartphone.

Jelas saya jawab, it’s a big bullshit I’ve ever heard!💩💩💩💩💩💩

Pada akhirnya dia menyerah dan menghubungi saya untuk mencarikan laptop dengan spesifikasi terbaik untuk menjalankan program Microsoft Excel dan software khusus untuk mendata aktifitas transaksi online dengan jumlah stok dagangannya.

Jadi untuk berbisnis online, kamu perlu laptop atau komputer, disisi koneksi internet.

Jangan terlalu percaya diri kalau kamu bisa mengoperasikan bisnis online hanya bermodalkan smartphone.

Bagi saya, smartphone hanya sebagai alat untuk melihat laporan bisnis online di waktu senggang atau ketika bepergian jauh, atau untuk komunikasi ringan dengan relasi bisnis.

Sisanya, saya menggantungkan semuanya pada PC dan Laptop.

Bisa Menggunakan Komputer

Bisa dalam konteks ini bukan berarti harus jago. Tapi, bisa di sini lebih kepada memanfaatkan komputer atau laptop sebagai alat untuk bisnis online kamu di media internet.

Saya sudah berkali-kali berhadapan dengan orang-orang yang bisnisnya ingin go digital atau ingin diintergrasikan dengan teknologi online, tapi buka website menggunakan Firefox atau Chrome saja masih bingung.

What the f**k…

Kalau begitu gimana mau go digital????

Seorang grafis desainer belum tentu jago menggunakan komputer. Tapi, karena bisnisnya adalah memproduksi desain, maka yang harus dikuasai seorang grafis desainer adalah perangkat lunak (software) untuk desain.

Begitu juga kamu. Kalau kamu ingin bisnis di internet, berarti ilmu yang harus kamu kuasai adalah internet.

Internet di sini bukan cuma Youtube-an doang.

Tapi lebih kepada penjelajahan pengetahuan tentang bisnis yang bisa dilakukan di internet.

Waspada Terhadap SCAM

Apa itu SCAM?

SCAM adalah sebuah strategi mendapatkan keuntungan dengan kebohongan atau penipuan. Cara seperti ini tidak hanya terjadi di internet, tapi sebagian besar praktik SCAM banyak terjadi di internet.

Perlu di ingat, ketika kamu baru memulai bisnis di internet, kamu bisa menjadi target empuk oleh pihak-pihak yang mempraktikan SCAM.

Untuk mengantisipasi SCAM, maka kamu wajib memiliki pemikiran yang logis ketika membaca penawaran dari sebuah website tertentu.

Contoh begini…

Ada website yang menawarkan kamu rahasia penghasilan 10 juta per bulan dari internet, tapi untuk mendapatkan rahasianya, kamu harus membayar Rp. 100.000.

Apakah logis jika kamu tergoda atau membeli rahasia tersebut? *jawab sendiri ya…🙄

Teman saya pernah membeli sebuah rahasia bisnis dengan harga Rp. 150.000. Karena teman saya ini super awam dengan internet dan komputer, dia gak tahu apa yang harus dilakukan ketika membaca rahasia tersebut.

Saya baca rahasia itu sampai selesai dan saya beritahu teman saya bahwa ini adalah SCAM. Saya menyarankan untuk tidak menjalankan bisnis SCAM seperti ini.

Di zaman milenial seperti sekarang gak ada lagi rahasia untuk mendapatkan uang dari internet. Semua tutorial dan teknisnya banyak dibagikan dengan gratis, yang penting rajin mencari informasi.

Tentukan Niche Bisnis

Apa itu niche bisnis? Sederhananya sih seperti kategori bisnis online yang akan kamu pilih sebagai topik utama dalam bisnis kamu.

Niche biasanya digunakan untuk menentukan topik pada sebuah blog atau website portal informasi.

Tapi, karena niche bisnis di internet itu sangat banyak, ada baiknya kamu pilih salah satu yang ada di bawah ini:

  1. Affiliate Marketing;
  2. CPA Marketing;
  3. Ads Clickers;
  4. Digital Seller;
  5. Digital Service Provider;
  6. Blogging;
  7. Social Media Marketing;
  8. Freelancer;
  9. eCommerce;

Mungkin ada lebih dari 9 pilihan, dan dari 9 pilihan di atas ada perluasan niche yang tidak saya sebutkan.

Kalau memang kamu tertarik mendapatkan berbagai penjelasan dari 9 daftar niche bisnis di atas, silahkan berkomentar 😅

Dan jangan pernah menanyakan, mana yang lebih potensial atau menguntungkan. Semua memiliki potensi dan keuntungan besar, asal tahu ilmunya dan konsisten menjalaninya.

Miliki Identitas Digital

Kamu perlu dikenal dan perlu mengenalkan diri, itu sebabnya kamu harus memiliki identitas digital jika ingin berbisnis di internet.

Identitas digital itu beragam, kamu tidak harus terpaku pada satu identitas saja. Identitas kamu di sosial media juga merupakan identitas digital.

Tapi, miliki juga identitas digital untuk kebutuhan formal dan pembayaran.

Identitas digital untuk kebutuhan formal misalnya, email profesional.

Sementara identitas untuk pembayaran bisa menggunakan rekening bank lokal atau PayPal.

Jika bisnis yang kamu jalani di internet adalah perdagangan, kamu bisa membuat website toko online atau mendaftarkan diri sebagai pedagang di marketplace seperti Tokopedia dan BukaLapak.


Okay segitu dulu deh tulisan tentang hal yang harus kamu persiapkan untuk bisnis online. Jika kamu memiliki saran atau pertanyaan untuk artikel ini, kamu bisa melakukannya melalui kolom komentar yang ada di bawah.

5/5 8 ratings

What's Your Reaction?

Sebel Sebel
0
Sebel
Pusing Pusing
0
Pusing
Sedih Sedih
0
Sedih
Kocak Kocak
0
Kocak
Terkesan! Terkesan!
0
Terkesan!
Kecewa Kecewa
0
Kecewa
Zapra Gartiast

Hay! Saya Zapra Gartiast, calon Wali Kota Bandung tahun 2025 - 2035. Mohon do'a dari kalian yang membaca 😀

Subscribe
Notify of
guest
2 Komentar
oldest
newest most voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
2
0
Punya tanggapan? Tinggalkan komentarx
()
x
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals