Prinsip dan Kebutuhan Pengembang Teknologi

2 min


Teknologi dan digital? Kira-kira apa bedanya? Pada dasarnya, tidak ada yang berbeda.

Apabila mengacu pada prinsip; digital adalah output dari teknologi. Dalam hal ini, teknologi merupakan sekumpulan proses yang merancang sistem untuk menampilkan objek digital.

Contoh sederhananya adalah tulisan yang sedang kamu baca saat ini.

Tulisan ini adalah sebuah teks digital yang di proses melalui papan ketik (keyboard);

setiap input yang di ketik melalui keyboard di olah oleh prosesor (processor) dalam sebuah sirkuit komputer (motherboard);

lalu prosesor mengolah input yang di tekan melalui keyboard untuk diteruskan menuju layar monitor.

Hasilnya, layar monitor menampilkan sebuah output dari papan ketik sesuai dengan input yang di tekan dari keyboard.

Output dalam digital sendiri setiap harinya semakin inovatif. Perkembangannya yang menarik perhatian masyarkat membuat ekosistem digital semakin diminita oleh individual yang ingin mengembangkan berbagai melalui teknologi.

Lalu, apa saja prinsip dan kebutuhan bagi Anda yang ingin fokus berkembang dalam teknologi?

1. Sumber Daya Teknologi

Beberapa perangkat keras memang diperlukan bagi Anda yang ingin menjadi pengembang teknologi, terutama komputer atau laptop.

Komputer atau laptop merupakan cikal bakal terciptanya berbagai hal menarik dalam teknologi.

Perangkat pintar yang saat ini eksis di dunia tak lepas dari bantuan komputer atau laptop dalam pembuatan dan pengembangannya.

Dalam sumber daya teknologi itu sendiri, ada beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan, yang artinya Anda tidak hanya perlu komputer atau laptop saja.

Contoh sederhananya, apabila Anda ingin mengembangkan IoT (Internet of Things), maka Anda perlu beberapa perangkat keras tambahan seperti Arduino atau RaspBerry.

2. Pengetahuan dan Kemampuan Teknis

Mengembangkan berbagai hal dalam teknologi tak pernah lepas dari perhitungan matematika dan logika. Bahkan, Anda juga perlu memiliiki senses yang cukup baik terhadap hal yang sedang Anda kembangkan.

Mari kita ambil contoh, Steve Jobs.

Tokoh yang dikenal sebagai pendiri Apple, Inc tersebut tidak memiliki pengetahuan dan kemampuan teknis yang tinggi. Namun, senses terhadap hal yang sedang dibuat dan dikembangkannya sangat tinggi.

Ketika Steve Jobs mengembangkan iPhone, Steve Jobs ingin perangkat tersebut sangat impresif dan responsif dalam hal touch (sentuhan) dan gesture (gerakan) agar penggunanya lebih nyaman ketika menggunakan iPhone.

Ketika Steve Jobs merasa bahwa iPhone sedikit lambat saat membuka banyak aplikasi, saat itu juga Steve Jobs paham bahwa iPhone memiliki kekurangan daya dalam Memory RAM. Yang artinya, Steve Jobs juga memiliki pengetahuan teknis yang dapat dipadukan dengan senses dalam dirinya.

Oleh karena itu penting sifatnya memiliki pengetahuan, baik itu teori atau teknis terkait dengan pengembangan teknologi yang akan ada kembangkan.

3. Perangkat Lunak Pendukung

Dalam mengembangkan suatu hal dalam teknologi Anda membutuhkan perangkat lunak pendukung yang diperlukan untuk merancang dan memprogram teknologi yang sedang Anda kembangkan.

Baik pengembangan teknologi dalam bentuk software atau hardware membutuhkan konsep dan rancangan yang dapat di implementasikan dalam software yang terpasang dalam komputer atau laptop Anda.

Contohnya adalah ketika Anda ingin membuat sebuah website. Maka software yang Anda butuhkan adalah XAMPP dan Atom Editor.

  1. Bagaimana kualitas artikel ini?

    Terangkan kepada kami kualitas artikel di atas. Pendapat dan masukan dari Anda sangat bermanfaat agar kami dapat membuat artikel yang lebih baik di masa mendatang.

    1. Artikelnya sangat mudah dimengerti.
    2. Artikelnya cukup mudah dimengerti.
    3. Artikelnya sulit dimengerti.
    4. Artikelnya sangat sulit dimengerti.
    0 votes
    Share Your Result
5/5 1 rating

What's Your Reaction?

Sebel Sebel
0
Sebel
Pusing Pusing
0
Pusing
Sedih Sedih
0
Sedih
Kocak Kocak
0
Kocak
Terkesan! Terkesan!
0
Terkesan!
Kecewa Kecewa
0
Kecewa
Zapra Gartiast

Hay! Saya Zapra Gartiast, calon Wali Kota Bandung tahun 2024 - 2034. Mohon do'a dari kalian yang membaca :D

1
Berikan Komentar

avatar
0 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals