Tentang Fitur Manajemen Kesahatan Baterai MacOS Catalina 10.15.5

2 min


Di tanggal 26 Mei 2020, Apple memperbarui sistem operasi MacOS Catalina dengan membawa fitur menarik di dalamnya, yaitu fitur manajemen kesehatan baterai (Battery Health Management). Mungkin buat kamu pengguna Macbook, apakah itu Macbook, Macbook Air, atau Macbook Pro sudah paham betul maksud dari fitur Battery Health Management yang dirilis pada MacOS Catalina 10.15.5, yang intinya adalah menghemat umur baterai Macbook.

Kebetulan saya pengguna Macbook Pro. Ketika mengetahui bahwa MacOS Catalina terdapat pembaharuan, saya langsung memperbarui sistem operasi tersebut dan mencoba beradaptasi dengan fitur Battery Health Management.

Setelah sekitar 2 – 3 hari beradaptasi dengan fitur Battery Health Management, saya menemukan hal-hal menarik sebagai berikut.

Macbook Tidak Mengisi Daya (Charged)

Pada saat baterai 100% saya mendapatkan Macbook Pro milik saya tidak mengisi daya (not charging) ketika kondisi charging cable dalam keadaan terpasang. Yang bikin herannya lagi, charging cable terpasang tapi persentase (kapasitas) baterai perlahan turun seperti dalam kondisi charging cable tidak terpasang.

Ketika pertama kali mengalami kondisi tersebut saya sempat kaget. Ma’lum, takut ada masalah dengan charging port pada Macbook Pro. Bahkan karena agak panik, saya sempat melakukan reset SMC untuk memastikan tidak ada masalah pada hardware.

Saat melakukan reset SMC yang pertama kali, baterai pada Macbook Pro sempat melakukan pengisian (charged). Namun, setelah Macbook Pro didiamkan dan digunakan dalam tempo waktu cukup lama, sekitar 5 – 7 jam, kondisi not charging kembali saya alami.

Saya sempat berpikir, mungkin charging cable saya bermasalah. Tapi, setelah dipikir-pikir kembali masalah ini muncul setelah saya melakukan update ke MacOS Catalina 10.15.5.

Akhirnya saya coba untuk mematikan fitur Battery Health Management.

Setelah Battery Health Management dimatikan, Macbook Pro tidak mengalami kondisi seperti di atas. Kondisi baterai tetap melakukan pengisian ketika charging cable dalam keadaan terpasang.

Tidak Ada Persentase Kapasitas Kesehatan Baterai

Jika kamu adalah pengguna iPhone dan ingin mengetahui kesehatan baterai, kamu bisa mengeceknya dari Pengaturan (Settings). Melalui Pengaturan (Settings) kamu bisa mengetahui berapa persen kapasitas maksimal kesehatan dari baterai iPhone kamu.

Sayangnya, fitur ini tidak tersedia pada MacOS.

Ketika saya mendapatkan berita pembaruan MacOS Catalina 10.15.5 tentang adanya fitur Battery Health Management, saya pikir Apple akan memunculkan persentase kapasitas maksimal kesehatan baterai seperti pada iPhone. Namun, Battery Health Management pada MacOS Catalina ini ternyata agak berbeda.

Untuk mengetahui kondisi baterai Macbook kamu dalam keadaan baik atau tidak, kamu hanya mendapatkan informasi Normal, Service Recommended, Service Battery, Replace Soon, atau Replace Now dari Battery Condition.

Jadi, karena kapasitas maksimal kesehatan baterai tidak tersedia, jangan lupa untuk menggunakan Macbook kamu dengan bijak😎

Tidak Membuat Baterai Awet

Kalau kamu berpikiran bahwa Battery Health Management dapat membuat kapasitas penggunaan baterai menjadi awet ketika kondisi charging cable tidak terpasang, maka pemikiran tersebut kurang tepat.

Pada website resminya Apple menyatakan bahwa Battery Health Management hanya membantu agar baterai Macbook kamu berumur panjang pada kondisi-kondisi tertentu.

Bahkan Apple juga menyarankan agar fitur ini dimatikan apabila kamu menggunakan Macbook untuk jangka waktu yang sangat lama.

“While battery health management benefits your battery’s long-term lifespan, it can also reduce the amount of time your Mac runs on one battery charge when capacity limits are applied. If your priority is making your Mac notebook last as long as possible before recharging, you can turn the feature off.”

https://support.apple.com/en-us/HT211094

Dari saran tersebut bukan berarti kamu harus sepenuhnya mematikan fitur Battery Health Management. Sesekali, mungkin kamu harus mengaktifkan fitur Battery Health Management agar sistem pada MacOS mampu melakukan monitoring terhadap suhu baterai, riwayat pola pengisian dan perlindungan baterai yang telah disesuaikan dengan kondisi baterai Macbook kamu saat ini.


Disclaimer

Mengingat kondisi setiap baterai Macbook berbeda-beda, penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan dan kegagalan yang terjadi atas isi dari artikel ini.

5/5 1 rating

What's Your Reaction?

Sebel Sebel
0
Sebel
Pusing Pusing
0
Pusing
Sedih Sedih
0
Sedih
Kocak Kocak
0
Kocak
Terkesan! Terkesan!
1
Terkesan!
Kecewa Kecewa
0
Kecewa
Zapra Gartiast

Hay! Saya Zapra Gartiast, calon Wali Kota Bandung tahun 2025 - 2035. Mohon do'a dari kalian yang membaca 😀

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Punya tanggapan? Tinggalkan komentarx
()
x
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals