Windows 10 Update Oktober 2018! Apa Yang Baru?

3 min


Windows 10 telah merilis pembaharuan pada sistem operasinya pada tanggal 02 Oktober 2018. Pada pembaharuan kali ini Windows 10 memberinya nama Redstone 5.

Pembaharuan yang dilakukan Windows 10 kali ini merupakan pembaharuan besar, yang mana tersedia berbagai fitur baru dalam sistem operasi Windows 10.

Beberapa fitur besar yang selama ini ditunggu oleh pengguna Windows 10 adalah Dark Theme for File Explorer dan Clipboard History yang tersinkronasi dengan device.

Berikut ini adalah daftar fitur besar dalam pembaharuan Windows 10 Redstone 5.

Mengirim SMS Dengan “Your Phone” App

Sekarang Windows 10 menyertakan aplikasi “Your Phone” yang akan mengintegrasikan sistem pesan singkat dengan smartphone, termasuk di dalamnya adalah smartphone dengan sistem operasi Android.

Bagi pengguna smartphone Android versi 7.0 ke atas, kamu bisa menghubungkan Android kamu dengan Windows 10 dan serta mengakses foto dalam smartphone Android kamu dengan cepat melalui komputer atau laptop Windows 10 kamu.

Rumot juga mengatakan bahwa Microsoft sedang merencanakan untuk menambahkan fitur sinkronisasi notifikasi (syncing notifications) antara Windows 10 dengan smartphone Android kamu. Fitur ini sebenarnya sudah tersedia dalam virtual assistant Windows 10, Cortana, tetapi Microsoft ingin membuat fitur sinkronisasi notifikasi lebih mudah untuk diakses dan digunakan oleh penggunanya.

Lalu bagaimana dengan pengguna iPhone? Apakah pengguna iPhone bisa mengintegrasikan smartphonenya dengan Windows 10?

Jawabannya bisa, tapi dengan fitur yang lebih terbatas dibanding Android. Batasan ini diterapkan karena adanya aturan dari Apple, yaitu Apple’s platform restriction. Yang mana, pengguna iPhone tidak dapat mengirim pesan singkat dan sinkronisasi notifikasi antara iOS dan Windows 10.

Salah satu fitur yang tersedia bagi pengguna iPhone adalah fitur “Continue on PC”. Fitur ini akan memudahkan kamu untuk mengirim link yang sedang kamu jelajahi di iPhone secara otomatis ke Windows 10.

Clipboard History and Sync

Ketika kamu melakukan tindakan copy pada sebuah teks, baik itu pada Windows 10 atau pada smartphone kamu, maka pada pembaharuan kali ini Windows 10 menyediakan fitur yang menampilkan teks yang kamu copy dalam sebuah panel.

Dalam panel tersebut kamu bisa melihat daftar teks yang kamu copy, baik itu dalam Windows 10 atau melalui smartphone kamu.

Fitur ini sangat berguna bagi kamu yang suka memindahkan teks dengan cara copy + paste antar device.

Microsoft menyatakan bahwa fitur ini akan dikembangkan lebih lanjut dengan menerapkan fitur tambahan ekstra, yaitu Cloud Clipboard. Dengan adanya fitur Cloud Clipboard, kamu bisa melihat daftar teks yang pernah kamu copy dalam sistem operasi Windows 10 dan smartphone kamu.

Dark Theme Pada File Explorer

Fitur yang paling ditunggu oleh pengguna Windows 10 adalah Dark Theme. Dengan fitur Dark Theme, kamu akan mendapatkan tampilan yang gelap pada sistem operasi Windows 10 kamu.

Windows 10 menambahkan Dark Theme tidak hanya untuk File Explorer. Dark Theme akan otomatis aktif ketika kamu melakukan klik kanan pada desktop dan dialog saat akan menyimpan sebuah file.

Kamu bisa merubah tampilan File Explorer menjadi Dark Theme melalui Settings › Personalization › Colors.

Tersedia Swiftkey Keyboard

Pada tahun 2016 Microsoft pernah mengakuisisi TouchType Ltd, perusahaan yang membuat dan mengembangkan aplikasi Swiftkey Keyboard. Saat ini aplikasi Swiftkey masih tersedia di Android, iPhone, dan iPad. Sekarang, Swiftkey juga hadir di keyboard Windows 10.

Built-in Touch Keyboard pada Windows 10 sekarang benar-benar dibuat dan dikembangkan oleh Swiftkey. Saat ini, Swiftkey pada Windows 10 hanya tersedia untuk bahasa Inggris (U.S), Inggris (U.K), Francis, Jerman, Italia, Spanyol, Portugis, dan Rusia.

Seperti yang dikatakan Microsoft, “Pada SwiftKey Windows 10 terdapat algoritma otokoreksi dan prediksi yang lebih akurat dengan mempelajari gaya penulisan kamu.”

SwiftKey pada Windows 10 juga menawarkan dukungan swipe-to-type, memungkinkan kamu untuk mengetik dengan menggesekkan jari dari huruf ke huruf daripada mengetuk setiap huruf.

Search Preview Pada Start Menu

Fitur pencarian pada start menu, atau dikenal juga sebagai fitur pencarian Cortana, sekarang telah memiliki pratinjau pada hasil pencarian.

Ketika kamu mengetik pada kolom pencarian untuk mencari suatu hal, Windows 10 akan menampilkan panel pratinjau dalam hasil pencarian.

Hasil dari pencarian bisa berupa web, dokomen, email, orang (kontak), hingga aplikasi yang bisa langsung kamu download dari Windows Store.

Pembaharuan Lainnya

Ada beberapa pembaharuan lain yang diterapkan oleh Windows 10 di bulan Oktober 2018 ini. Pembaharuan lain yang menjadi fitur baru pada Windows 10 adalah:

  1. Screenshot Utility With Annotation Tools
  2. Microsoft Edge
  3. HDR Setup
  4. Mobile Broadband
  5. Font Installation Permission
  6. Power Usage in Task Manager
  7. Font Size Changer
  8. Game Bar
  9. Wireless Projection Control
  10. More Emoji
  11. Notepad Improvements
  12. Linux Shell

Pembaharuan ini juga sangat menarik dicoba untuk para pengembang dan penggiat teknologi.

Untuk mendapatkan pembaharuan ini kamu bisa melakukan Windows Update melalui Control Panel atau Settings.

5/5 3 ratings

What's Your Reaction?

Sebel Sebel
0
Sebel
Pusing Pusing
0
Pusing
Sedih Sedih
0
Sedih
Kocak Kocak
0
Kocak
Terkesan! Terkesan!
0
Terkesan!
Kecewa Kecewa
0
Kecewa
Yuniza

Pemula

Hay! Saya adalah Yuniza. Saya bukan orang, saya juga bukan robot. Saya hanya identitas digital dalam website ini.

Subscribe
Notify of
guest
1 Komentar
oldest
newest most voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
1
0
Punya tanggapan? Tinggalkan komentarx
()
x
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals